6 Momen Terunik Saat Malam Penghargaan Oscars 2024
March 11, 2024

Malam penghargaan Oscars 2024 atau 96th Academy Awards telah berlangsung pada Minggu (10/3) malam waktu setempat di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. 

Layaknya Oscars edisi-edisi sebelumnya, ajang kali ini tidak hanya menjadi momen apresiasi terbesar bagi para seniman di Hollywood serta di dunia. Momen ini juga dimanfaatkan untuk mengekspresikan berbagai opini atau menampilkan gimmick unik oleh banyak pihak. 

Ada yang mengandung unsur pesan moral yang relevan dengan kejadian-kejadian yang sedang terjadi di dunia, yang lainnya dilakukan semata-mata demi menghibur para penonton, dan ada juga yang terjadi tanpa direncanakan di luar perkiraan semua orang.

Berikut merupakan enam momen unik dari malam penghargaan Oscars kali ini yang paling mencuri perhatian mata dunia:

1. "Oppenheimer" Borong Penghargaan

Source: AFP/Patrick T. Fallon

Judul film yang paling disorot di Oscars kali ini tidak lain dan tidak bukan adalah karya terbaru sutradara Christopher Nolan yang dirilis tahun lalu, “Oppenheimer.” 

Film biopik mengenai kisah hidup bapak bom atom J. Robert Oppenheimer ini memborong tujuh penghargaan: Best Picture, Best Director (Christopher Nolan), Best Actor (Cillian Murphy), Best Supporting Actor (Robert Downey Jr.), Best Cinematography (Hoyte van Hoytema), Best Original Score (Ludwig Göransson), dan Best Film Editing (Jennifer Lame).

Kemenangan Oscars ini menjadi yang pertama bagi ketiga tokoh utama di balik film ini yakni Christopher Nolan, Cillian Murphy, dan Robert Downey Jr. Sebelumnya, ketiganya telah diprediksi akan menang besar di Oscars setelah meraih penghargaan Golden Globes pada Januari lalu.

2. John Cena Hadir Telanjang Di Atas Panggung

Source: YouTube/Jimmy Kimmel Live!

Salah satu momen paling mengejutkan dalam Oscars kali ini yaitu kehadiran aktor dan mantan pegulat WWE John Cena yang naik ke atas panggung untuk mengumumkan pemenang kategori Best Costume dengan telanjang.

Dirinya merasa ragu-ragu saat tampil di atas panggung tanpa mengenakan busana sewajarnya. Ia tampak hanya memakai dua helai penutup berwarna kulit di bagian alat kelamin dan bokong serta sepasang sendal. Kemudian, ia mencoba menutupi kemaluannya dengan amplop berisi nama pemenang kategori tersebut. Ia pun mempertanyakan apakah harus membuka amplop tersebut yang hanya akan mengumbar kemaluannya yang hampir tidak tertutup di hadapan mata dunia. 

Akhirnya, ia pun dibantu oleh pembawa Oscars kali ini, presenter televisi Jimmy Kimmel, dalam mengumumkan nama pemenang beserta jajaran kandidat nominasi lainnya. 

3. Ryan Gosling Tampilkan "I'm Just Ken" Secara Langsung

Source: YouTube/Deadline Hollywood

Sempat booming karena aksinya yang penuh jenaka dan karisma sebagai Ken dalam film “Barbie” arahan sutradara Greta Gerwig tahun lalu. Ryan Gosling kembali untuk membawa energi yang sama dalam penampilannya di atas panggung Oscars kali ini. Ia memberi persembahan istimewa bagi para penonton dengan tampilan musikal “I’m Just Ken” yang dibawakan secara langsung di atas panggung. 

Dibalut busana serba pink, yang merupakan tribute untuk mendiang Marilyn Monroe, dirinya hadir bersama pemeran Ken lainnya seperti Simu Liu dan Kingsley Ben-Adir untuk membawakan lagu tersebut layaknya para Ken di dalam film Barbie. Musisi-musisi ternama seperti Slash, Wolfgang van Halen, dan Mark Ronson pun turut hadir memeriahkan penampilan tersebut.

Penampilannya tersebut sontak menjadi salah satu yang paling dinikmati oleh para penonton sepanjang malam penghargaan.

4. Malfungsi Busana Emma Stone

Source: YouTube/Deadline Hollywood

Selain disorot karena memenangkan penghargaan Oscar untuk kedua kalinya berkat perannya dalam film “Poor Things” arahan Yorgos Lanthimos, Emma Stone menjadi topik perbincangan dalam Oscars kali ini karena pakaiannya yang sempat mengalami malfungsi.

Saat naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan Best Actress, ia mengekspresikan rasa frustrasinya terhadap resleting busananya tersebut yang rusak dan mengganggu momen kemenangannya. Ia kemudian merasa bahwa kerusakan tersebut pertama terjadi saat sedang jalannya penampilan “I’m Just Ken” oleh Ryan Gosling sebelumnya. 

Walau begitu, Stone tetap lanjut membawakan pidato kemenangannya dengan sigap. Ia turut memberi apresiasi kepada para kandidat nominasi lainnya serta para pemenang Best Actress di edisi-edisi Oscars sebelumnya yang juga hadir di atas panggung untuk mengumumkan pemenang kali ini.

5. Messi Hadir Sebagai Bintang Tamu Istimewa

Source: Instagram/@theacademy

Salah satu muka familiar hadir di kalangan para hadirin Oscars kali ini yaitu Messi. Namun, yang satu ini bukanlah Messi yang umumnya dikenal banyak orang di dunia melainkan seekor anjing yang hadir dalam film “Anatomy of a Fall” arahan Justine Triet. 

Messi menjadi salah satu bintang tamu yang paling mencuri perhatian para penonton. Selain karena jadi satu-satunya bintang tamu hewan kehormatan dalam Oscars kali ini, dirinya juga disorot karena beberapa momen unik seperti saat ia “bertepuk tangan” lengkap dengan penampilan berdasi kupu-kupunya. 
Momen tak terduga lainnya yang melibatkan Messi yaitu saat ia tertangkap buang air di bintang Walk of Fame milik aktor Matt Damon. Kejadian tersebut diperkirakan telah direncanakan oleh Jimmy Kimmel selaku pembawa acara Oscars kali ini mengingat bahwa dirinya telah memiliki hubungan “antagonistik” dengan Matt Damon selama bertahun-tahun dan kerap ia hadirkan di talkshow miliknya tiap kali Damon menjadi bintang tamu.

6. Dukungan Terbuka Selebriti Terhadap Palestina

Source: AFP/David Swanson

Oscars kali ini diselenggarakan sejalan dengan eskalasi peristiwa okupansi pasukan Israel di kawasan Gaza, Palestina yang mengklaim ribuan nyawa tidak bersalah di kedua belah pihak. 

Sejumlah selebriti mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan dunia terhadap peristiwa tersebut. Beberapa di antaranya yaitu Billie Eilish, Mark Ruffalo, Mahershala Ali, Finneas, Ava DuVernay, dan Rami Youssef.

Mereka terlihat mengenakan pin merah seragam untuk melambangkan dukungan mereka terhadap diadakannya gencatan senjata, pembebasan tawanan perang, serta bantuan kemanusiaan untuk para korban sipil di kawasan Gaza dan Israel. Mereka tergabung dalam gerakan Artists4Ceasefire yang dibentuk pada akhir Oktober 2023. Bersama-sama, mereka telah mengirim surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joe Biden serta pemerintahan Amerika Serikat yang berisi penyataan diadakannya aksi gencatan senjata di Gaza. 

Selain nama-nama di atas, beberapa bintang tamu Oscars lainnya juga turut hadir untuk menyuarakan opini serupa. Contohnya yaitu para kru film “The Zone of Interest” yang sempat naik ke atas panggung dan memaparkan rasa frustrasi mereka terhadap para pasukan Israel yang telah menjelekkan nama umat Yahudi di mata dunia atas aksi-aksi mereka di Gaza. 

Terakhir, para kru film “Anatomy of a Fall” yang meliputi Milo Machado Grenier dan Swann Arlaud terlihat mengenakan pin bendera Palestina saat hadir di pagelaran karpet merah sebagai bentuk dukungan mereka terhadap Palestina.

Source: X/@VanityFair


See other posts

Film Adaptasi Live Action Seri Gim “The Legend of Zelda” akan Digarap oleh Sutradara Wes Ball
Chef Gordon Ramsay Akan Bintangi Acara Masak Baru “Idiot Sandwich” Yang Terinspirasi Oleh Meme Viral Mengenai Dirinya
Korean Version of Money Heist is Coming this Summer