Gen Z atau dikenal juga dengan Generasi Z, punya tantangan tersendiri bila ingin mencari pekerjaan di era digital yang sudah sangat berkembang ini. Bukan karena pengetahuan mereka tertinggal, justru sebaliknya, beberapa orang yang lahir dalam generasi ini paham betul bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi.
Namun hambatan terbesarnya malah datang dari sesama generasinya. Masalahnya bukan satu atau dua orang saja yang paham akan trend teknologi saat ini, tapi ribuan hingga jutaan orang sudah mulai beradaptasi.
Pergeseran kebiasaan orang-orang di seluruh dunia memaksa Gen Z harus bisa menyelaraskan antara pengetahuan dan kemampuan, supaya mereka dapat bertahan. Alhasil beragam pekerjaan pun mulai tersedia. Banyak jalur karir yang bisa diambil, sehingga mereka tidak hanya disodorkan tiga atau lima pilihan.
Baca Juga: 7 Model Tunik Simple tapi Mewah Bikin Lo Standout
Pekerjaan Impian Gen Z
Kira-kira apa saja jenis pekerjaan yang dapat ditekuni Gen Z? Mungkin daftar berikut bisa menjadi salah satu pilihan dan kalian dapat menjadikannya sebagai pekerjaan impian.
1. Content Creator
Tidak bisa disanggah lagi, menjadi seorang content creator merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan. Apabila penggiatnya tahu betul bagaimana bermain di industri ini, dipastikan uang akan datang sendiri.
Sudah banyak contoh nyatanya. Sederet content creator di Indonesia yang mulai dari followers kecil hingga akhirnya diikuti jutaan penggemar, punya penghasilan yang sepertinya cukup banyak. Biasanya, uang datang dari hasil kerja sama dengan brand. Namun untuk mencapai ke titik tersebut, pastikan konten yang dibuat berkualitas dan popularitas kalian juga cukup tinggi.
2. Digital Marketer
Pekerjaan berikutnya yang dapat dipilih Gen Z, yakni digital marketer. Profesi ini datang seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet.
Saat ini, strategi promosi suatu produk tidak mengandalkan offline saja, tapi juga online. Maka dari itu, profesional pemasaran yang mampu merancang, menerapkan, dan memantau trend pasar di internet sangat dibutuhkan. Namun supaya bisa bertahan berkarir sebagai digital marketer, kalian wajib memahami dan menguasai skill di dalamnya.
3. Fotografer dan Videografer
Sebagian Gen Z pasti sangat menyukai dunia fotografi dan videografi. Oleh sebab itu, tidak sedikit dari mereka yang berharap hobi yang ditekuni ini bisa menjadi salah satu pintu rezekinya.
Belum lagi kebutuhan jasa ini juga tergolong tinggi. Ambil contoh beberapa momen seperti saat wisuda, prewedding, resepsi pernikahan, hingga yang terbaru mengabadikan aktivitas orang-orang saat melakukan olahraga lari.
4. Developer
Developer di sini ada beberapa jenis ya. Namun pada dasarnya, mereka yang berprofesi sebagai developer erat kaitannya dengan bahasa pemograman.
Jadi kebanyakan dari mereka membuat atau merancang aplikasi, game, atau apapun yang berhubungan dengan teknologi. Sepertinya ini cocok untuk Gen Z yang sebagian di antaranya melek teknologi.
5. Data Scientist dan Data Analyst
Selain conten creator, ada pekerjaan lain yang bisa menjadi referensi Gen Z. Pekerjaan yang satu ini pun tengah populer belakangan ini. Jadi tidak ada salahnya kalian mencoba memahami dan terjun ke dalam industrinya.
Jadi pekerjaan yang dimaksud adalah data scientist dan data analyst. Lalu tugasnya apa? Di sini kalian akan mengolah sembari menganalisis data yang ada di internet. Nantinya data tersebut akan dipakai suatu perusahaan untuk mengevaluasi penjualan, pemasaran, hingga meningkatkan kualitas produk.
6. Content Writer
Pekerjaan selanjutnya yang bisa menjadi opsi Gen Z adalah content writer. Profesi ini sebenarnya satu paket dengan conten creator. Jadi biasanya seorang content creator di satu sisi juga handal dalam content writer.
Namun tidak semua conten creator punya keahlian itu. Ada juga dari mereka yang lebih memilih menyewa jasa content writer agar bisa fokus membuat konten video. Ya, content writer lebih fokus pada penulisan, alih-alih harus rekaman suara serta gambar untuk menghasilkan gambar yang ciamik.
7. Social Media Specialist
Sesuai dengan namanya, social media specialist akan berkaitan dengan dunia media sosial yang dekat dengan kehidupan sehari-hari Gen Z. Bagi yang masih belum tau, media sosial ini seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, X, dan lain sebagainya.
Nah untuk membantu orang-orang atau perusahaan tertentu dalam mengelola akun media sosialnya, hadir lah profesi ini. Kalian akan ditugaskan untuk membuat konten, menganalisis data insight di dalamnya, hingga mengawasi bagaimana perkembangan media sosial yang dipegang.
Baca Juga: 5 Tempat Golf di Jakarta yang Nggak Bikin Nervous buat Pemula
