Connect with us

Hi, what are you looking for?

Art

Willard Wigan, Seorang Pemahat Mikro, Gunakan Bulu Mata untuk Melukis Di Kanvas Lubang Jarum

Source: willardwiganmbe.com

Willard Wigan, seorang seniman asal Inggris, memiliki cara uniknya sendiri untuk menghasilkan karya-karya yang tiada duanya. Ia bukanlah seorang seniman biasa melainkan pemahat mikro yang menghasilkan karya-karya seni berukuran super mini. Kanvas yang ia biasa gunakan berupa lubang jarum jahit, sementara itu untuk melukis ia menggunakan sehelai bulu mata miliknya sendiri.

Untuk menyambut Natal tahun ini, Wigan mempersembahkan karya ukiran berukuran mikroskopis yang terinspirasi oleh The Three Kings di dalam lubang jarum. Ia telah menghabiskan ratusan jam untuk memastikan karya terbarunya tersebut selesai dan dapat dipertunjukan saat Natal tiba. Wigan memilih The Three Kings karena mencerminkan tema dan pesan positif penuh harapan yang umumnya disampaikan melalui Natal.

Source: willardwiganmbe.com

Ukiran The Three Kings tersebut meliputi ketiga raja yang memakai mahkota emas beserta unta-unta tunggangan mereka masing-masing. Mereka terbuat dari fragmen-fragmen nylon berukuran kecil. Sementara itu, mahkota-mahkota raja ditaburi dengan serbuk emas 24 karat untuk memberi kesan mewah dan realistis. Sama halnya dengan karya-karyanya yang lain, Wigan menggunakan bulu mata miliknya untuk menghasilkan yang satu ini dengan bantuan alat mikroskop.

Sebelum mengawali karirnya dalam bidang seni, Willard mengalami kesulitan saat menempuh pendidikan semasa kecil. Gangguan disleksia menghambatnya dalam membaca dan menulis, bahkan guru-gurunya pun hanya menggunakan Wigan sebagai sebuah peringatan bagi siswa lainnya agar tidak menjadi seperti dirinya. Namun, hal tersebut tidak menghentikannya untuk mencari jati dirinya yang sebenarnya.

Source: willardwiganmbe.com

Akhirnya, Wigan menghabiskan waktunya terjun ke dalam bidang seni dan mulai menghasilkan banyak karya berukuran kecil. Ibunya selalu mendorongnya untuk membuat karya-karya berukuran kecil dan Wigan selalu termotivasi untuk menyenangkan hati ibunya. Kata-kata terakhir ibu Wigan sebelum meninggal yaitu, 

“Semakin kecil karya yang kamu hasilkan, maka semakin besar pula namamu kelak.”

Kini, Wigan telah menjadi seniman terhormat yang telah menciptakan karya-karya seni mikroskopis pemecah rekor dunia. Dirinya telah dua kali diakui oleh Guinness World Records sebagai seniman pembuat karya seni terkecil di dunia yaitu pada 2013 dan 2017. Karya terkecilnya yaitu sebuah ukiran berukuran sel darah manusia terbuat dari bahan kevlar yang dibuat di sela-sela helai bulu janggutnya.

Ukiran Terkecil Wigan. Source: willardwiganmbe.com

Untuk melihat hasil kreasi Willard Wigan selengkapnya dapat mengunjungi situs miliknya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read