Tiga Hari Penuh Keseruan di Joyland Bali 2024
March 8, 2024

Festival musik garapan promotor Plainsong, Joyland Festival, telah sukses melangsungkan gelarannya pada 1-3 Maret 2024 di Bali, tepatnya di Peninsula Island, Nusa Dua. Acara yang digelar tahunan tersebut menyulap area sebesar tujuh hektar itu menjadi arena pertunjukan hiburan dengan dua panggung musik besar, satu panggung kecil, amfiteater panggung lawak, dan area-area lainnya.

Apa saja keseruan yang terjadi di Joyland Bali? Berikut ini daftarnya.

Hujan-hujan tetap Asik

Penyelenggaraan acara yang bertepatan dengan musim hujan menyebabkan area festival dilanda badai di hari pertama dan kedua. Area berumput Peninsula Island terguyur hujan dan para penonton harus mengarungi area berlumpur ketika berjalan dari satu panggung ke panggung lainnya.

Akan tetapi, hujan tidak menyurutkan niat para pengunjung untuk bersenang-senang atau bagi para musisi untuk memberikan penampilan terbaiknya. Eva Celia menuai banyak pujian karena terlihat amat menikmati keadaan hujan yang mengiringi pertunjukannya.

"Ternyata seru juga ya nyanyi hujan-hujanan kayak di video klip," celetuknya di sela-sela penampilannya. "Habis ini pulang ke hotel, jangan lupa mandi air panas, kalau yang bawa pasangan bisa pelukan," kelakarnya.

Ramah Anak, Seru Buat Dewasa

Joyland Festival dengan bangga masih melanjutkan konsep ramah anak yang membuat ia berbeda dengan festival lainnya. Area festival yang empuk berumput dan terletak di tepi pantai membuat anak-anak betah piknik dan berlarian dengan aman. Di pintu masuk venue terdapat kios penyediaan stroller untuk pengunjung yang membawa balita. Selain itu, ada area khusus bermain dan kegiatan anak di tenda White Peacock. Di panggung ini biduan asal Jogja, Frau, memainkan pertunjukan spesial berupa dongeng yang dibawakan secara musikal.

Selain itu, di seluruh wilayah venue dilarang mengonsumsi minuman beralkohol atau produk tembakau. Bagi orang dewasa yang ingin minum asik dan merokok, disediakan area 21 Monkeys yang tidak kalah seru. Berbagai merk minuman keras seperti Guinness, Sababay, dan Suntory, mendirikan kiosnya sendiri-sendiri dan sibuk melayani para pengunjung yang ingin santai sambil menyesap berbagai minuman sedap yang disediakan. Ada juga panggung DJ dan karaoke yang selalu ramai disesaki mereka yang ingin joget.

Bertabur Bintang yang Viral di Media Sosial

Di era media sosial ini, popularitas musisi bisa ditentukan dengan kemunculannya di berbagai kanal komunitas. Band indie The Walters dan Vansire yang menjadi bintang tamu di hari ketiga Joyland Bali 2024 menemukan popularitas mereka terdongkrak selama pandemi ketika beberapa lagu mereka digunakan para pembuat konten untuk melengkapi unggahan mereka.

Luke Olson, vokalis band rock The Walters, menyampaikan terima kasih kepada para pengguna TikTok ketika manggung di jam-jam sunset di hari ketiga. "Band kami sudah bubar. Tapi suatu hari saya mendapat kabar bahwa lagu 'I Love You So' menjadi viral di TikTok," ujarnya. Ia berkata bahwa berkat viralnya lagu tesebut, The Walters kembali bersatu dan akhirnya manggung sebagai musisi penuh waktu di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Josh Augustin, vokalis unit dream pop Vansire, juga berterima kasih kepada netizen Indonesia ketika sedang tampil malam itu. "Indonesia selalu berada di posisi paling atas negara lokasi pendengar Vansire," ujarnya. Untuk berterima kasih, ia mengucapkan beberapa frasa dalam Bahasa Indonesia untuk menyapa para pendengarnya. "Tetap ilmu padi, abangku!" serunya, disambut tawa dan tepuk tangan para penonton.

Joyland Jakarta di November 2024

Meneruskan tradisi penyelenggaraan Joyland Bali di awal tahun dan Joyland Jakarta di akhir tahun, Plainsong menjanjikan penyelenggaraan Joyland Jakarta pada November 2024. Tahun lalu, mereka sukses memboyong band-band legendaris Interpol, Mew, dan Fleet Foxes bersama para indie darlings seperti Alvvays dan Fazerdaze.

Siapa wish list lo untuk Joyland Jakarta tahun ini?

All pictures are coutesy of Plainsong.



See other posts

Behind Indonesia One Presidential plane’s Repainting Controversy.
Katy Perry Raup Hampir Rp 3,5 Triliun setelah Jual Katalog Musiknya ke Litmus Music
Dunia Games Releases List of Nominees for the Dunia Games Awards 2021.