Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech

Tesla Perkenalkan Robot Humanoid bernama Tesla Bot

Source: Tesla.com

Perusahaan teknologi canggih Tesla memamerkan video baru tentang project robot humanoidnya bernama Tesla Bot. Robot-robot tersebut dapat berjalan maju, mampu mengambil benda, dan mengenali objek. CEO Tesla, Elon Musk mempresentasikan video tersebut dalam rapat pemegang saham, menyebutkan bahwa tim berhasil menyusun robot canggih ini semalam sebelumnya.


Tahun lalu Tesla pernah memperkenalkan robot humanoid yang belum terlalu sempurna. Robot purwarupa tersebut hampir tidak bisa berjalan dan kurang memiliki fungsionalitas. Sedangkan robot versi terbaru yang baru saja dipamerkan ini memiliki bentuk model yang sebelumnya ditampilkan, namun dapat bergerak secara mandiri meski dengan kecepatan yang terbatas.

Video tersebut menyoroti beberapa pembaruan pada proyek Tesla Bot, seperti kontrol torsi motor, pengenalan lingkungan, pelatihan kecerdasan buatan dari gerakan manusia, dan manipulasi objek. Salah satu robot terlihat mengambil objek dari satu wadah dan meletakkannya di wadah lain, sebagai contoh pelatihan kecerdasan buatan dari demonstrasi manusia.

Tesla Bot diperkirakan akan memulai produksi Tesla Bot setelah mengirimkan Cybertrucks yang telah ditunggu-tunggu banyak fans berat Tesla.

Menurut AI Day 2021, rancangan awal Tesla Bot adalah robotic humanoid dengan tinggi 173 cm dan berat 57 kg. Robot ini menggunakan teknologi yang mirip dengan sistem autopilot di semua kendaraan listrik Tesla, yakni dengan mengandalkan chip khusus seperti FSD Computer dan Dojo Supercomputer.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *