Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech

Tencent Rilis Alat Pembayaran dengan Lambaian Tangan

Sebentar lagi, kita tidak perlu menggunakan dompet atau aplikasi smartphone untuk melakukan pembayaran. Kita bisa cukup melambaikan tangan saja.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Tencent, merilis “Palm Payment”, alat pembayaran baru menggunakan teknologi pengenal telapak tangan. Palm Payment mulai diberlakukan pada Minggu (4/6) untuk membayar kereta bandara Daxing Airport Express Line di Beijing.

Palm Payment terhubung dengan aplikasi milik Tencent, WeChat Pay Service. Untuk menggunakannya, pengguna meregistrasikan telapak tangannya pada sebuah mesin di stasiun metro. Ketika sudah terdaftar, pengguna hanya harus melambaikan telapak tangannya pada sensor untuk membayar perjalanan mereka.

Menurut laporan South China Morning Post, teknologi ini berpatokan pada sidik permukaan telapak tangan dan jalur nadi. Cara kerjanya mirip biometrik yang selama ini telah kita gunakan dengan sidik jari, sensor retina, dan face recognition. Walau praktis, banyak kritikus yang menkhawatirkan keamanan privasi dari penggunaan biometrik ini.

Tencent berencana memperluas penggunaan Palm Payment di berbagai area ekonomi lain seperti kantor, kampus, swalayan, dan restoran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read