Serba-Serbi Rebranding Twitter Menjadi “X: The Everything App”
July 25, 2023

Elon Musk mengumumkan bahwa Twitter segera melaksanakan proses rebranding aplikasi tersebut menjadi “X: The Everything App” pada Minggu (23/7). Tahap awal proses ini adalah diubahnya logo burung biru Twitter yang ikonik menjadi lambang X dengan latar belakang hitam. Hal ini merupakan perubahan terbesar yang telah dialami aplikasi tersebut dalam sepuluh tahun terakhir.

Dalam cuitan terbaru Musk, ia menjelaskan bahwa alasan di balik perubahan ini adalah bertambahnya fitur-fitur serta kegunaan Twitter yang sudah diimplementasi sejak akuisisi aplikasi tersebut oleh dirinya per Oktober 2022 lalu. Menurutnya, Twitter sudah bukan aplikasi yang sama dengan yang ia akuisisi dulu. Ia juga menyebutkan bahwa mereka masih akan menambahkan berbagai fitur baru lagi agar aplikasi ini mampu berkembang menjadi lebih luas dan multifungsi. Bagi para pengguna layanan Twitter Blue, perubahan-perubahan ini pun dapat dirasakan lebih awal daripada pengguna biasa. 

Lebih lanjut, di bawah naungan X Corp., transformasi ini akan dipimpin oleh CEO Twitter Linda Yaccarino yang akan fokus terhadap sektor bisnis perusahaan sementara Musk mengelola bidang teknologi dan desain produk. Dalam cuitan terkininya, Yaccarino menjanjikan bahwa X akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk membantu jalannya interaksi sesama pengguna aplikasi. Ia juga mengungkapkan bahwa perubahan ini telah terasa dalam delapan bulan terakhir, sejalan dengan bertambahnya fitur-fitur baru di Twitter.

Profil Pribadi Elon Musk

Saat ini, foto profil para petinggi Twitter, termasuk Yaccarino dan Musk, sudah dihiasi oleh logo interim dari “X” yang bernuansa hitam putih. Selain itu, tautan x.com juga dikabarkan sudah tersambung dengan laman utama Twitter. Namun, tautan x.com belum bisa diakses oleh pengguna internet di Indonesia akibat pemblokiran.

Terbaru, kantor pusat yang berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat, juga sudah tidak memiliki papan nama “Twitter” di sisi gedungnya. Papan tersebut konon akan diganti dengan lambang “X” raksasa, seperti yang terlihat di dalam foto unggahan Musk yang menunjukkan sorotan lambang "X" yang dipancarkan ke seluruh sisi gedung.



See other posts

Behind Indonesia One Presidential plane’s Repainting Controversy.
Pemandangan Langit Berbintang di Desa Wae Rebo. Foto: Ovan Hendrajad Kurniawan
#VERSPEKTIF Episode 7 – Menyelami Lautan Penuh Bintang di Wae Rebo
Jonas Brothers Konser di Indonesia Awal 2024