Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech

Satu Jalan Raya di Detroit Mampu Isi Daya Mobil Listrik yang Melintasinya

Source: YouTube/MichiganDOT

Sebuah jalan raya sepanjang kurang lebih 1,6 km yang berlokasi di Detroit, Michigan, Amerika Serikat menjadi jalan pertama di negara tersebut yang mampu mengisi daya mobil listrik secara otomatis. 

Lapisan bawah jalanan tersebut dilengkapi dengan kumparan tembaga pengisi daya yang membuat mobil-mobil listrik dengan alat receiver bisa mengisi daya saat melintasinya. Jalanan juga dapat mengisi daya mobil saat berada dalam posisi tidak bergerak seperti saat sedang parkir. Saat mobil berada di dalam jangkauan kumparan, receiver akan menerima arus listrik yang kemudian dapat mengisi daya baterai mobil.

Rangkaian uji coba telah dilakukan sepanjang akhir tahun lalu di Michigan Central Innovation District, sebuah kawasan di Detroit khusus pengujian berbagai bentuk teknologi yang mampu memajukan perkembangan mobilitas transportasi masyarakat. Departemen Transportasi Michigan menekankan bahwa jalanan tersebut masih berada dalam fase uji coba dan baru dapat dibuka untuk umum dalam beberapa tahun mendatang.

Electreon, sebuah perusahaan teknologi pengembang solusi pengisian daya wireless untuk mobil-mobil listrik, merupakan perusahaan di balik inovasi tersebut. Mereka juga memiliki kontrak untuk membangun jalanan yang serupa di Swedia, Italia, dan Jerman. Ide untuk mengimplementasikan teknologi ini di Michigan sudah ada sejak 2021.

Stefan Tongur, wakil presiden divisi business development Electreon, ingin  mendemonstrasikan bagaimana pengisian daya wireless mampu meningkatkan penggunaan alat transportasi listrik di kalangan masyarakat. Proyek ini diharapkan mampu mendorong terjadinya masa depan nol emisi karbon, di mana alat transportasi listrik menjadi hal yang normal bagi semua demi lingkungan yang lebih sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read