Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech

Sam Altman Kembali Menjabat Sebagai CEO OpenAI Setelah Dipecat Pekan Sebelumnya

Source: X/sama

Sam Altman memastikan bahwa dirinya telah kembali menduduki posisi CEO OpenAI setelah dipecat oleh dewan direksi hanya sepekan sebelumnya. Altman membenarkan kabar tersebut melalui akunnya di X/Twitter pada Rabu (22/11), di mana ia mengungkapkan antusiasmenya untuk bekerja kembali dengan tim OpenAI. OpenAI juga menyatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Altman untuk menerimanya kembali.

Selebihnya, Altman memutuskan untuk merombak dewan direksi seperti yang telah dikonfirmasi pihak OpenAI. Dewan direksi tersebut kini terdiri dari Brett Taylor (Chair), Larry Summers, dan Adam D’Angelo. Taylor dulunya menjabat sebagai Co-CEO Salesforce, sementara Summers pernah menduduki posisi Menteri Keuangan Amerika Serikat dari 1999 hingga 2001. D’Angelo merupakan pendiri sekaligus CEO Quora dan juga bagian dari dewan direksi yang memutuskan untuk menurunkan Altman dari jabatannya pekan lalu. 

Nama-nama tersebut ditugaskan untuk memeriksa dan menunjuk anggota dewan direksi tambahan hingga berjumlah total sembilan orang. Nantinya, mereka akan bekerja untuk mengelola ulang OpenAI. Microsoft selaku investor utama OpenAI berharap untuk mendapatkan kursi di jajaran anggota tersebut.

Berita mengenai pemecatan Sam Altman sempat mencuri perhatian warganet pada Jumat (17/11). Dewan direksi OpenAI mengemukakan alasan mereka di balik pemecatan tersebut, yakni karena hilangnya kepercayaan mereka terhadap Altman karena tidak jujur dalam komunikasinya dengan mereka. OpenAI tidak membongkar pernyataan tersebut detail demi detail, mengenai seberapa jauh ketidakjujuran Altman terhadap dewan direksi. 

Tak lama setelah pemecatan tersebut, Altman diundang oleh Microsoft untuk menempati posisi kepala tim pengembangan teknologi AI terbaru mereka. Akhirnya, dengan kembalinya Altman ke OpenAI, ia berharap untuk dapat menyambung silaturahmi antara OpenAI dan Microsoft untuk banyak kolaborasi mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read