Rolling Loud Festival Pertama di Asia Sukses Diselenggarakan di Thailand
April 17, 2023

“This country is HOOOOT!!!!” rapper asal Amerika Serikat, Cardi B, menceletuk sambil mengipas-ngipas dirinya sendiri dengan tangan. “Gue ga bohong. Nih wig gue sampai lepas,” ujarnya sambil berusaha membenahi tatanan rambutnya yang telah lengket akibat keringat.

Cardi B menjadi penampil pamungkas di hari pertama Rolling Loud Thailand, sebuah festival hip hop internasional yang punya portfolio panjang di Amerika Utara, Australia, dan Eropa sejak 2015. Rolling Loud Thailand yang berlangsung pada 13-15 April 2023 adalah babak pertama mereka di Asia.

Cardi B di hari pertama Rolling Loud Thailand. Credit: Leanne Leuterio (Rolling Loud Media)

Ribuan penggemar musik hip hop dari seluruh dunia dan terutama Asia menghadiri acara yang diselenggarakan di Legend Siam, sebuah area taman hiburan raksasa yang menjadi jagoan destinasi wisata baru Thailand. Venue ini terletak sekitar 40 menit dari Pantai Pattaya, pusat hiburan dan pelancong utama di kota tersebut. Area ini dikelilingi jalan raya dan berhektar-hektar lahan kosong, medan yang cukup menantang bagi para penonton untuk mengaksesnya. Namun, walau mereka harus berjalan kaki sekitar 1,5 km dari area parkir ke venue dengan menyusuri pinggiran jalanan antar kota yang ramai kendaraan besar, para festival goers yang berdandan maksimal untuk menghadiri acara musik tersebut terlihat bersemangat dan antusias untuk menyaksikan ratusan penampil.

Lil Uzi Vert. Credit: Leanne Leuterio (Rolling Loud Media)

Selain Cardi B, ada penyanyi RnB Chris Brown dan rapper Travis Scott yang masing-masing menjadi headliners di hari kedua dan ketiga. Yang ditunggu-tunggu ada juga penampil senior Fat Joe, sampai rap darling Jay Park, juga hip hop duo yang amat playful Rae Sremmurd. Dari Korea Selatan ada juga B.I. dan BIBI, masing-masing membuat penonton histeris dengan penampilan mereka yang sangat seksi. Dari tanah air, ada Ramengvurl yang penampilannya disambut para penonton yang datang jauh-jauh dari Indonesia.

Rae Sremmurd. Credit: @cortnee photography (Rolling Loud Media)

Walau festival ini hanya menyuguhkan dua panggung, produksinya terlihat amat maksimal dengan layout yang membuat penonton mudah berpindah dari satu panggung ke panggung lainnya. Levi’s, sebagai salah satu sponsor utama, menghadirkan Levi’s Stage tempat para penampil seperti Lil Pump, DDG, dan Blue Face memainkan lagu-lagu terbaiknya. Selain itu, Levi’s juga menghadirkan Levi’s Booth di mana penonton bisa mampir dan melakukan custom patches pada produk Levi’s pilihan mereka. Setelahnya, penonton bisa naik ke lantai dua booth yang menyuguhkan jarak pandang terbaik untuk menonton penampilan para headliners di panggung utama.

Lil Pump di Levi's Stage. Credit: Chris Almeid (Rolling Loud Media)

Tidak hanya panggung musik, penonton juga menikmati berbagai activation yang menarik. Di dekat pintu masuk mereka bisa berfoto di depan tulisan ROLLING LOUD raksasa yang menjadi tempat selfie utama. Di sisi kiri, banyak penonton perempuan mengantri untuk mendapatkan jasa face painting dan face jewelry gratis untuk membuat penampilan mereka makin meriah. Para pacar atau bestie yang menunggu pasangannya mengantri face painting bisa bermain balloon shoot atau dunk tank di sebelah booth face painting. Di situ, para pengunjung juga bisa berfoto dengan instalasi tuktuk, main komidi putar, atau naik bianglala.

Penonton juga menikmati berbagai seleksi makanan dan minuman: dari kuliner Thailand seperti Pad Thai dan ketan mangga, hingga suguhan Barat seperti burger dan pizza. Karena Thailand juga telah melegalkan penggunaan mariyuana rekreasional, penonton juga bisa membeli berbagai produk mariyuana seperti rokok ganja, serta brownies dan milk tea yang mengandung CBD dan menikmatinya secara bebas selama acara berlangsung. Sayangnya, walau dilaksanakan bersamaan dengan Songkran Festival—perayaan tahun baru di Thailand yang membuat jalanan Pattaya menjadi arena perang air terbesar di dunia—Rolling Loud melarang ada acara guyur-guyuran antar penonton. Di area body checking terlihat ada banyak water gun plastik yang disita dari penonton yang berharap bisa merayakan Songkran sambil party.

Walau demikian, setiap hari adalah kemeriahan di Rolling Loud Thailand. Hari terakhir menjadi puncak keseruan di festival tersebut. Para penampil juga terlihat all out untuk mempersembahkan tontonan paling berkesan. Psy.P sampai-sampai minum arak dari sebuah sepatu dan Thaitanium, grup hip hop Thailand, membawa DJ Buddha dan sepasukan penari yang mebuat penonton lokal menggila. Penampilan terakhir dari Travis Scott, diwarnai permainan kembang api yang meledak-ledak, juga penuh sesak oleh penonton. 

Chris Brown. Credit: Mickey Pierre-Louise (Rolling Loud Media)

Dengan suksesnya Rolling Loud Thailand, bisa diharapkan franchise festival hip hop ini akan datang lagi ke Asia. Berikutnya, mereka akan melangsungkan Rolling Loud Miami, Amerika Serikat di bulan Juli 2023 dengan headliners Playboy Carti, A$AP Rocky, dan Travis Scott. 

Travis Scott: Credit Leanne Leuterio (Rolling Loud Media)

Levi's di Rolling Loud

Levi's South East Asia menjadi salah satu sponsor terbesar Rolling Loud Thailand 2023 dan menjadi salah satu kunci kesuksesan acara tersebut. Levi's menyumbang salah satu panggung utama, Levi's Stage, yang dimeriahkan B.I., Lil Pump, Desiigner, dan Ramengvrl.

Levi's Stage. Credit: Gisela Swaragita/Volix

Levi's juga menerbangkan KOL, jurnalis, dan pemenang kompetisi dari berbagai negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, dan lain-lain, untuk menikmati tiga hari keriaan Rolling Loud sebagai penonton VIP.

Para tamu Levi's menikmati booth Levi's yang nyaman di area tengah venue. Booth ini terdiri dari dua lantai: lantai bawah adalah Levi's Tailor Shop, dan lantai atas adalah lounge yang nyaman. Levi's Tailor Shop menyediakan area activation menarik tempat penonton bisa membeli produk Levi's lalu membuatnya menjadi custom-made dengan berbagai pilihan patch dan pola untuk membantu pelanggan mengekspresikan diri. Setelahnya, pelanggan bisa naik ke atas untuk duduk-duduk di area longue yang nyaman, dilengkapi dengan sofa-sofa empuk dan pop up barista yang menyediakan kopi, teh, dan thai tea yang enak. Pengunjung Levi's booth bisa menikmati penampilan para headliners dari Levi's booth yang menyediakan jarak pandang terbaik ke panggung utama sambil menyesap milk tea ala Thailand!

Thai Milktea at Levi's booth. Credit: Gisela Swaragita/Volix



See other posts

Perusahaan Ceko Kembangkan Daging Buatan untuk Pakan Hewan Peliharaan di Eropa
Don’t Scream, Gim Horror Terbaru Yang Akan Game Over Jika Pemain Berteriak, Rilis Trailer Pertama
Coming Soon, Flying Taxi EHang 216 To Avoid Traffic Jam in Indonesia.