Robot humanoid Tesla bisa Beristirahat dan Melakukan Yoga Setelah Seharian Sibuk Bekerja
October 5, 2023

Optimus, robot humanoid dari Tesla, membuat terobosan lagi. Kali ini ia memamerkan kemampuannya melakukan yoga.

Robot otonom yang mirip manusia ini mempertunjukkan kemampuannya melakukan gerakan yoga yang menantang dengan tangan dan kakinya yang terlihat lentur. Ia memang memiliki kepala, dua kaki dan dua tangan yang amat mirip dengan manusia. Dengan tinggi 170 cm dan berat 60 kg, ia terlihat seperti manusia yang berbadan sehat dan ideal.

Jaringan "saraf" Optimus membuatnya mampu menyadari dan mengontrol tangan dan kakinya. Optimus bisa diminta bergerak dari satu poin ke yang lain, dan mengurutkan objek berdasarkan bentuk dan warna tanpa bantuan manusia. Lucunya, setelah melakukan tugas ini, sang robot bisa bersantai dengan melakukan gerakan stretching berdiri di atas satu kaki. Hal ini menunjukkan kemajuan yang amat besar sejak ia diperkenalkan ke publik di tahun 2022.

Optimus aslinya didesain untuk melakukan tugas yang repetitif dan cenderung membosankan. Diharapkan, Optimus dapat melakukan tugas-tugas fisik seperti membawa barang berat atau memasang sekrup. Dirumorkan Optimus mungkin akan digunakan dalam produksi Tesla, misalnya untuk melakukan tugas pengurutan suku cadang atau perakitan.

Proyek robot humanoid sedang marak dikembangkan di kalangan perusahaan teknologi. Diharapkan robot-robot ini bisa menggantikan tugas-tugas repetitif dan industrial yang selama ini dilakukan manusia. Selain Tesla, perusahaan Amerika lain yang mengembangkan teknologi ini termasuk Boston Dynamics dan Figure. Perusahaan Tiongkok, Xiaomi mengerjakan robot yang mampu mengenali manusia, termasuk ekspresi wajah dan emosinya. Dikombinasikan dengan kecerdasan buatan, robot-robot ini di masa depan mungkin bisa berinteraksi dengan manusia.



See other posts

Jumlah Episode Musim Kedua ‘The Last of Us’ Terungkap, Musim-Musim Mendatang Sedang Direncanakan
“Until The End of Time”: A Song That Reminds That Love Is Not Always Beautiful.
Shaquille O’Neal Mengaku Tidak Sengaja Untung Banyak karena Iseng Investasi di Google di Tahun 90an