Connect with us

Hi, what are you looking for?

Current Affairs

Pengunjung Burning Man Mulai Keluar dari Area Festival setelah Terjebak Berhari-hari

Nevada Desert. Source: Unsplash.com/Jahongir-Ismoilov

Puluhan ribu orang yang terjebak berhari-hari di gurun Black Rock Desert, Nevada, karena festival tahunan Burning Man di daerah terpencil itu dilanda badai tropis, akhirnya memulai eksodus besar-besaran. Antrian mobil dan truk yang keluar dari area venue terlihat mengular. Disinyalir mereka membutuhkan waktu hingga 4 jam untuk bisa keluar dari gerbang venue karena kemacetan tersebut.

Festival Burning Man tahun ini, yang berlangsung dari 27 Agustus hingga 4 September, dilanda hujan deras yang akhirnya mengubah tanah yang biasanya kering menjadi lahan lumpur raksasa. Padang gurun Nevada sebelah barat laut memang dilanda banjir bandang pada Jumat dan Sabtu dari Badai Tropis Hilary. Pengunjung sempat tidak dapat keluar dari area yang akhirnya berubah menjadi lautan lumpur setinggi mata kaki tersebut. Panitia festival telah meminta para penjgunjung untuk berlindung di tempat mereka masing-masing. Mereka juga diminta untuk menghemat makanan dan air minum karena disinyalir mereka harus tinggal di tempat itu lebih lama. Dilaporkan satu orang berusia 32 tahun tewas dalam akhir pekan tersebut.

Tiap tahun ribuan orang berkumpul di Black Rock City, komunitas temporer di tengah Black Rock Desert, Nevada, untuk merayakan kesenian dalam festival Burning Man. Biasanya, festival ini berlangsung selama sembilan hari. Para pengunjung akan tidur di tenda, mobil, truk, dan bentuk-bentuk tempat tinggal sementara lainnya di tengah padang gurun. Dalam festival Burning Man tidak ada headliner atau rundown yang disediakan penyelenggara. Akan tetapi, pengunjung dipersilakan membuat sendiri berbagai acara kesenian, musik, dan pertunjukan, sembari membuat berbagai kerajinan. Puncak acara adalah upacara pembakaran satu orang-orangan raksasa yang dinamai “Man”.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read