Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech

Peneliti Mulai Eksperimen Menumbuhkan Tanaman Bunga Di Permukaan Bulan

Source: interstellarlab.com

Interstellar Lab, sebuah perusahaan spesialisasi pengembangan teknologi pertumbuhan tumbuh-tumbuhan di bulan, telah menggandeng kerja sama dengan Astrolab untuk menumbuhkan tanaman bunga di permukaan bulan. Proyek yang dinamakan “Little Prince” tersebut bertujuan untuk mengawasi dan meneliti dampak kondisi permukaan bulan terhadap komposisi molekular tanaman. 

Astrolab membantu pelaksanaan misi dengan memasok bahan-bahan dasar yang dibutuhkan untuk pembangunan sarana penelitian tumbuhan. Mereka juga akan membantu membangun instalasi penelitian dengan menggunakan kendaraan rover FLEX (Flexible Logistics and Exploration). Instalasi penelitian meliputi area pengawas tanaman transparan yang akan memperoleh data dan gambar-gambar semua objek penelitian. Hal ini merupakan sebuah langkah pertama untuk membolehkan keberlangsungan hidup di semua planet.

Source: interstellarlab.com

Bahan-bahan baku yang akan digunakan untuk menumbuhkan tanaman yaitu sebuah versi kecil Quark dari NUCLEUS, sebuah bahan pangan ciptaan Instellar Lab yang memenangkan penghargaan Deep Space Food Challenge NASA pada Fase 1 dan 2. FLEX akan menggunakan lengan-lengan robot untuk membangun instalasi penelitian di atas permukaan bulan.

Peluncuran peralatan ke permukaan bulan akan dibantu oleh SpaceX, di mana mereka akan menggunakan sistem peluncuran dan pendaratan pesawat antariksa dalam misi tersebut. Setelah pendaratan, rover FLEX akan menurunkan semua barang-barang milik Insterstellar Lab dan Astrolab. Waktu peluncuran diestimasikan akan berjalan pada pertengahan 2026. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu proses relokasi masyarakat bumi ke planet lainnya dimulai dari bulan. Proses panjang ini akan ditandakan dengan keberadaan sebuah tanda-tanda kehidupan yang berlangsung dengan baik dan lancar di bulan, seperti adanya sebuah pekarangan bunga asri di bulan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read