NICT Jepang Pecahkan Rekor Kecepatan Internet 402 Tbps
July 8, 2024

NICT (National Institute of Information and Communications Technology) Jepang baru saja mencetak sejarah. Mereka memecahkan rekor kecepatan internet tercepat di dunia mencapai 402 terabit per detik (Tbps). Kecepatan ini memungkinkan pengunduhan Windows 11 dalam waktu kurang dari satu milidetik, menandai pencapaian luar biasa dalam teknologi komunikasi global.

Rekor NICT di Dunia Internet

Sebelum mencapai 402 Tbps, NICT sudah beberapa kali memecahkan rekor kecepatan internet dunia. Pada tahun 2020, NICT berhasil mencapai kecepatan 178 Tbps, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh para peneliti di Inggris dengan 150 Tbps. Pada tahun 2016, juga mencatatkan rekor dengan kecepatan 56 Tbps, menunjukkan konsistensi mereka dalam memajukan teknologi komunikasi.

Berdasarkan laporan dari Akamai, rata-rata kecepatan internet global pada tahun 2023 adalah 40 Mbps, jauh di bawah rekor yang dicatat oleh NICT. Negara dengan kecepatan internet tertinggi adalah Singapura dengan rata-rata 200 Mbps.

Jauh sebelum NICT, rekor kecepatan internet tertinggi dicatat oleh peneliti di Inggris dengan 178 Tbps pada tahun 2020. Peneliti dari Universitas College London juga mencatat kecepatan 178 Tbps pada tahun yang sama.

Jepang merupakan salah satu negara dengan infrastruktur internet terbaik di dunia. Kecepatan internet rata-rata di Jepang mencapai 200 Mbps pada tahun 2023, dengan banyak daerah urban yang menawarkan kecepatan hingga 1 Gbps. Investasi besar-besaran dalam infrastruktur serat optik dan teknologi 5G telah memperkuat posisi Jepang sebagai pemimpin dalam teknologi komunikasi.

Sementara itu, Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pengembangan kecepatan internet. Rata-rata kecepatan internet di Indonesia pada tahun 2023 adalah 20 Mbps. Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan infrastruktur dengan program Palapa Ring dan pengembangan jaringan 5G yang diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan aksesibilitas internet di seluruh negeri.

Dengan pencapaian terbaru dari NICT, masa depan kecepatan internet tampak sangat menjanjikan. Teknologi ini tidak hanya akan mengubah cara kita mengakses informasi, tetapi juga membuka peluang baru dalam berbagai bidang seperti telemedis, pendidikan, dan industri kreatif. Jepang, dengan komitmennya pada inovasi teknologi, akan terus menjadi pemimpin dalam revolusi internet global.



See other posts

Tiga Hari Eskapisme lewat Synchronize Fest
Nightmares and Markers: Sal Priadi Tentang Album Barunya dan Akting Di Bawah Arahan Joko Anwar
Memanggil Pasangan Dengan Nama Hewan Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan, Menurut Survey.