'}}
5 Strategi Marketing Unik Film ‘Deadpool & Wolverine’
July 25, 2024

Mulai tanggal 24 Juli minggu ini, fans Marvel di Indonesia siap-siap disajikan dengan persembahan terbaru dari Marvel Studios yaitu perilisan film Deadpool & Wolverine.

Deadpool & Wolverine menjadi salah satu judul film paling ditunggu-tunggu tahun ini. Marvel menjanjikan penampilan duet Deadpool, anti-hero cerewet yang diperankan oleh Ryan Reynolds, dan Wolverine, mutan bercakar logam Adamantium yang diperankan oleh Hugh Jackman.

Di bawah arahan sutradara Shawn Levy yang sudah tidak asing lagi kerja sama dengan Reynolds dan Jackman, Deadpool & Wolverine divisualisasikan sebagai petualangan gila mengarungi dunia multiverse Marvel dari sudut pandang duo disfungsional tersebut.

Para penggemar telah menantikan crossover ini sejak pertama kali diumumkan pada 2022. Kabar tersebut mengejutkan mereka semua mengingat pengumuman Hugh Jackman untuk pensiun dari peran Wolverine setelah perilisan film Logan pada 2017. Ia kini kembali dan resmi telah memperankan Wolverine selama 24 tahun sejak film X-Men pada 2000.

Menjelang perilisan Deadpool & Wolverine, Marvel tidak tanggung-tanggung menggelar serangkaian aktivitas promosi di berbagai pelosok dunia. Mulai dari keikutsertaan Deadpool dalam salah satu ajang sepak bola terbesar tahun ini hingga kolaborasi dengan grup K-pop yang sedang nge-hits.

Berikut merupakan sejumlah strategi marketing unik dan seru yang dijalankan oleh Marvel demi mempromosikan Deadpool & Wolverine:

1. Jalan-Jalan ke Euro

Piala Eropa 2024 yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman menjadi salah satu ajang olahraga terbesar tahun ini. Marketing Deadpool & Wolverine tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk membawa karakter Deadpool ke lapangan Olympiastadion.

Saat laga perempat final antara Belanda dan Turki pada Minggu (9/7), Deadpool menyambangi pinggir lapangan untuk mencuri salah satu bola resmi Euro dan membawanya keluar lapangan. Kehadiran Deadpool di Euro sangatlah tak terduga dan menjadi sorotan warganet.

Selain di lapangan, promosi Deadpool & Wolverine juga digelar di beberapa titik Berlin termasuk di luar Olympiastadion. Acara tersebut dihadiri Ryan Reynolds dan Hugh Jackman yang saat itu sedang menjalankan Press Tour film di berbagai negara.

2. Tur Dunia

<em>Via XMarvelStudios<em>

Press Tour Deadpool & Wolverine digelar di beberapa negara selain Jerman dan Amerika Serikat. 

Reynolds dan Jackman mengawali perjalanan mereka dari Shanghai dan lanjut ke Seoul, Rio de Janeiro, London, dan Berlin. Mereka disambut ribuan penggemar yang hadir dengan atribut-atribut unik mereka sendiri yang bertemakan Deadpool dan Wolverine.

Press Tour mancanegara ini tidak dilakukan untuk tiap perilisan film Marvel. Maka dari itu, ini menyatakan seberapa penting dan ambisiusnya proyek Deadpool & Wolverine bagi Marvel.

<em>Via XMarvelStudios<em>

3. Kolab dengan Musisi-Musisi

Untuk Deadpool & Wolverine, Ryan Reynolds mendapatkan kehormatan untuk kolab dengan sejumlah musisi bertalenta untuk mengisi soundtrack film. Tiga yang menjadi sorotan yaitu Stray Kids, NSYNC, dan Madonna. 

Yang menjadi sorotan utama yaitu Stray Kids, terutama karena mereka mengisi satu-satunya lagu Kpop di track list Deadpool & Wolverine yang berjudul “Slash.” Mereka juga hadir saat Press Tour film digelar di Seoul, Korea Selatan, di mana mereka berkonten bersama Ryan Reynolds dan Hugh Jackman.

Kolab dengan Stray Kids tidak berhenti di situ saja karena mereka juga mengajak Reynolds dan Jackman untuk hadir sebagai cameo dalam video musik lagu terbaru mereka, “Chk Chk Boom.”

Untuk NSYNC, Ryan Reynolds mengikutsertakan lagu “Bye, Bye, Bye” yang sempat hits di awal 2000-an dalam film ini. Bagi para penggemar X-Men, lagu ini harusnya sudah tidak asing lagi karena pernah dimainkan di salah satu adegan dalam film X2: X-Men United (2003) yang menjadi meme karena lagu tersebut.

Madonna mengisi lagu “Like A Prayer” yang juga dimainkan dalam salah satu trailer film. Kru film mendapatkan beberapa masukan dari Madonna dalam hal penggunaan lagunya dalam film. Ryan Reynolds mengaku bahwa masukan Madonna sangat membantu pengembangan adegan di mana lagu tersebut dimainkan.

4. Kolaborasi Brand-Brand

<em>Via burgerkingcom<em>

Promosi Deadpool & Wolverine menggandeng kerja sama dengan berbagai brand ternama. Tak sedikit dari kerja sama tersebut yang menghasilkan varian-varian produk berpenampilan unik yang hanya mampu terjadi berkat nuansa penuh jenaka film ini.

Berikut beberapa brand yang mempromosikan Deadpool & Wolverine dan beberapa varian produk eksklusif yang mereka hasilkan khusus film ini:

5. Screening Eksklusif

Beberapa minggu menjelang penayangan global, Marvel menggelar acara screening tertutup Deadpool & Wolverine khusus media-media dan influencers terpilih di beberapa negara.

Screening hanya menayangkan 30-40 menit awal film, dan para penonton dipersilakan untuk membagikan reaksi mereka di media sosial tanpa membagikan spoilers usai penayangan. Mayoritas reaksi tersebut terkesan positif dan membuat warganet semakin penasaran dengan film tersebut.

Screening macam ini tidak biasa dilakukan untuk film-film Marvel. Sekali lagi, hal ini membuktikan kepercayaan diri pihak Marvel akan kualitas karya terbaru mereka yang sebentar lagi akan disaksikan oleh mata dunia.

<em>Via YouTubeMarvel Entertainment<em>

See other posts

'}}
Lirik Lagu “Komang” – Raim Laode
'}}
House Prices In Jakarta Are Higher Than In New York.
'}}
Reza Rahadian Debut Jadi Sutradara Film Panjang Melalui Film ‘Pangku’