Mogok Kerja Aktor Hollywood Temui Titik Akhir setelah Kesepakatan Diraih Antara SAG-AFTRA dan AMPTP
November 9, 2023

Perserikatan aktor dan pementas Hollywood yang tergabung dalam Screen Actors Guild- American Foundation (SAG-AFTRA) akan resmi mengakhiri aksi mogok kerja massal pada Kamis (9/11) waktu setempat. Pihak SAG-AFTRA membagikan kabar tersebut setelah sebuah kesepakatan telah diraih dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) pada Rabu (8/11). 

SAG-AFTRA Negotiating Committee telah mencapai keputusan bulat untuk menyetujui perjanjian yang telah dibuat dan hasilnya akan diteruskan kepada SAG-AFTRA National Board pada Jumat ini. Selama beberapa hari terakhir, kedua belah pihak telah memberi sentuhan akhir pada isi perjanjian tersebut yang meliputi regulasi tambahan mengenai penggunaan AI dalam produksi film dan televisi, serta kenaikan jumlah upah para aktor sebanyak 7%. 

Pihak AMPTP merilis sebuah pernyataan yang menyebut bahwa kenaikan kontrak yang diikutsertakan dalam perjanjian tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah perserikatan aktor. Aksi ini dilihat sebagai suatu penanda bahwa perubahan besar telah terjadi dalam paradigma industri hiburan Amerika Serikat. Setelah aksi ini berakhir, para aktor dapat kembali menjalani berbagai proyeknya yang meliputi bidang produksi dan promosi. 

Sejak dimulai Juli lalu, aksi mogok kerja aktor Hollywood ini telah menghambat berbagai proyek film dan televisi. Sebagai bentuk solidaritas, para anggota yang tergabung dalam SAG-AFTRA diminta untuk menyuarakan dukungan mereka terhadap aksi mogok kerja dan menghentikan pekerjaan mereka dalam produksi dan promosi proyek-proyek Hollywood. Sejumlah judul yang terdampak oleh aksi ini yaitu Deadpool 3, Venom 3, Gladiator 2, musim kelima Stranger Things, berbagai acara talkshow tengah malam, dan masih banyak lainnya.

SAG-AFTRA sempat melangsungkan aksi mogok kerja gabungan bersama Perserikatan Penulis Hollywood yang tergabung dalam Writer’s Guild of America (WGA). Mereka mulai turun ke jalanan pada Mei, dan dua bulan kemudian SAG-AFTRA menyusul aksi mogok kerja sehingga memicu demonstrasi gabungan. WGA sendiri telah mengakhiri mogok kerja mereka pada 27 September 2023 setelah kesepakatan diraih dengan AMPTP. Dengan durasi yang memakan waktu lebih dari 100 hari, keseluruhan aksi mogok kerja ini menjadi yang terbesar dan terpanjang dalam sejarah Hollywood.



See other posts

Sedot Lemak Dagu Menjadi Trend Kecantikan Terbaru
“Fortnite Festival” Hadirkan Konten Eksklusif dari The Weeknd, Billie Eilish, dan Lainnya
‘Emak-emak’ Dispersed Student Demonstrations blocked in Makassar, South Sulawesi.