Mengenang “07 Des” Album Ketiga Sheila on 7 yang Menandakan Puncak Karir
December 7, 2023

Setiap tanggal 7 Desember, penggemar berat band asal Yogyakarta, Sheila on 7, biasanya akan memperingati album 07 Des, album ketiga mereka yang rilis 21 tahun lalu. Album ini sering dianggap puncak karir band tersebut, dan memantapkan posisi mereka sebagai musisi papan atas di blantika musik tanah air.

Yuk simak hal-hal menarik terkait album ini.

Dirilis bukan di tanggal 7 Desember

Walau judulnya 07 Des, sesungguhnya album ini dirilis pada bulan Maret loh! Album ini diluncurkan ke pasaran pada 18 Maret 2002 melalui Sony Music Entertainment Indonesia. Di Malaysia, album ini dirilis di hari yang sama, sedangkan di Singapura ia dirilis pada 26 Maret 2002.

Album ini segera ludes di pasaran dan terjual sebanyak 1,3 juta kopi. Peluncurannya cukup ditunggu penggemar setelah mereka memantapkan popularitas lewat debut Sheila on 7 (1999) dan album sofomor Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000).

Ilustrasi cover artsy peraih penghargaan

Salah satu hal yang paling ikonik dari album ini adalah kover albumnya yang merupakan lukisan karya seniman Rudi Mantofani berjudul "Lindung Bumi". Lukisan dengan dominasi warna merah dengan satu payung kecil di atas bulatan besar tersebut cukup mencuri perhatian ketika disejajarkan dengan kover album lain di toko musik. Lukisan aslinya sekarang dikoleksi oleh hotel Sheraton di Gandaria, Jakarta Selatan.

Menyabet banyak penghargaan

Kiprah album ini tidak main-main. Selain laris di pasaran, kualitasnya juga diakui oleh berbagai penghargaan bergengsi. Pada ajang Anugerah Musik Indonesia 2002, album ini memenangkan kategori Album Terbaik. Lagu "Seberapa Pantas" juga memenangkan kategori Penata Rekaman Terbaik dan Produser Musik Non Dangdut Terbaik.

Berisi banyak lagu hits abadi S07

Album ini berisi total 14 lagu, dan di antaranya terdapat berbagai single yang akhirnya menjadi lagu hits abadi favorit Sheila Gank. Di antaranya, ada "Seberapa Pantas", "Saat Aku lanjut Usia", dan "Pria Kesepian".

Lagu "Seberapa Pantas" digunakan sebagai soundtrack sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta yang ditayangkan SCTV dan dibintangi Leony, LeonyRoger DanuartaJonathan Frizzy, dan Indra Bruggman.

Apa lagu Sheila on 7 favorit lo dari album ini?



See other posts

Thai Government is Giving Away One Million Free Marijuana Plants
#VERSPEKTIF Episode 2 – Properti dan Investasi, Cuma untuk Dompet Berisi?
Andre Braugher, Aktor Serial Brooklyn Nine-Nine, Tutup Usia Pada Umur 61 Tahun