Mengenal Kemas Acil, Seniman Lokal Di Balik Poster-Poster Promosi Reboot Takeshi’s Castle
December 7, 2023

Serial terbaru Benteng Takeshi atau Takeshi’s Castle telah dirilis di Prime Video pada awal November 2023. Reboot dari game show populer asal Jepang ini menjanjikan pengalaman baru yang seru, jenaka, dan tentunya penuh nostalgia bagi para penikmat lama seri tersebut di mana saja termasuk di Indonesia. Untuk memeriahkan peluncurannya di tanah air, Prime Video Indonesia menggandeng seorang seniman ilustrasi lokal, Kemas Dwisatria Ramadhana atau yang biasa dipanggil Kemas/Acil.

Acil dipercaya untuk menghasilkan karya poster resmi untuk merayakan peluncuran Takeshi’s Castle di Prime Video. Versi Indonesia dari Takeshi's Castle dilengkapi dengan creative dubbing yang ditulis oleh artis dubber populer, Fluxcup, dan menghadirkan Imam Darto, Abdel Achrian, Wendi Cagur, Kiky Saputri, Dimas Danang, dan Soleh Solihun sebagai pengisi suara. Acil menggambar tiap figur dalam gaya ilustrasi khasnya sendiri yang menciptakan nuansa unik bagi poster Takeshi’s Castle yang satu ini di antara lainnya.

Acil berkesempatan untuk membagikan pengalamannya selama mengerjakan proyek tersebut dengan Volix, terutama soal perjalanan karirnya, bagaimana ia menghasilkan poster dari awal hingga akhir, serta tanggapannya secara keseluruhan mengenai menjadi bagian dari seri Takeshi’s Castle.  

Courtesy of Prime Video

Acil merupakan seorang lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang mengawali karirnya sebagai seorang desainer pada 2010. Ia baru memulai karirnya sebagai seorang ilustrator pada 2013 dan masih mendalaminya hingga sekarang sembari bekerja sebagai seorang product designer

Kerja sama antara Acil dengan Prime Video berawal dari sebuah tawaran langsung dari Prime Video Indonesia melalui akun media sosialnya pada bulan Agustus hingga awal September 2023.

“Masuk lah satu DM, mau nawarin untuk bikin poster Takeshi’s Castle. Aku bacanya sampai dua atau tiga kali, apakah ini mimpi. Ternyata benar dan aku jawab boleh.” Jelas Acil.

Akhirnya, tawaran tersebut dilanjutkan dan Acil mulai mengerjakan draft awal mulai akhir September. Ia mengaku merasa antusias untuk bergabung dengan proyek tersebut mengingat bahwa acaranya melibatkan sejumlah bintang lokal dan juga Fluxcup, konten kreator yang sudah digemari oleh Acil sejak lama. 

Selama pengerjaan poster, Acil menarik inspirasi langsung dari serial Takeshi’s Castle lama untuk membuat sketsa-sketsa para bintang dubber. Ia mencoba untuk menyesuaikan gaya bintang masing-masing dengan para tokoh Takeshi's Castle seperti Paduka Takeshi serta jejeran jenderal dan kaptennya. Acil berusaha membayangkan bagaimana jadinya apabila para dubber berpakaian layaknya para tokoh tersebut. Alhasil, posternya tersebut memiliki nuansa yang familier dengan poster-poster original Takeshi’s Castle

Selain terinspirasi dari Takeshi’s Castle versi lama, Acil juga melibatkan gaya ilustrasi khasnya sendiri agar orang-orang dapat tetap mengenal karya Acil walau dibumbui oleh gaya ilustrasi yang ramai ala Takeshi’s Castle. Ia memberi sentuhan warna dan brush yang ia biasa pakai untuk membuat poster tersebut.

“Di situ juga ga menghilangkan kesan kalo ini yang buat Acil. Contohnya, karakteristik-karakteristik seperti bentuk mata, muka dan elemen-elemen lain di dalamnya. Di situ dikawinkan lah secara visual,” jelas Acil.

Acil mengungkapkan bahwa dirinya telah memperoleh banyak respon positif dari kerabat dan teman-temannya atas karyanya tersebut. Ia merasa bangga menjadi bagian dari proyek Takeshi’s Castle terbaru ini yang kelak akan menjadi sumber nostalgia bagi generasi terkini di masa yang akan datang. Harapannya juga agar ia dapat bergabung dengan proyek-proyek Prime Video lainnya yang berhubungan dengan konten anime di lain waktu mengingat bahwa dirinya merupakan seorang penggemar anime.

Terakhir, Acil memiliki impian untuk dapat menggelar pameran pribadinya sendiri agar masyarakat dapat mendukungnya dan karya-karyanya lebih lanjut. Ia tak lupa mengajak orang-orang untuk terus mendukung para seniman lokal lainnya yang karyanya tidak kalah dengan hasil karangan ilustrator-ilustrator luar negeri. 

“Memang orang jarang melihat dan secara exposure kurang dilihat lah. Jadi banyak-banyak dilihat saja karya ilustrator muda kalau kalian mau membantu mereka karena karya mereka banyak yang bagus,” ujar Acil.

Untuk melihat dan mendukung karya-karya lainnya dari Acil, dapat mengunjungi akun media sosial Instagram @kemasacil.

Courtesy of Prime Video


See other posts

Keturunan Napoleon Bonaparte Lontarkan Kritik Terhadap Film Terbaru Mengenai Dirinya
Satu Jalan Raya di Detroit Mampu Isi Daya Mobil Listrik yang Melintasinya
NASA Is Seeking Volunteers For Mars Simulation.