Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Mengadopsi Gaya Hidup Mediterania Bisa Membantu Hidup Lebih Panjang

Source: Unsplash.com/Kriztina Papp

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gaya hidup ala Mediterania bisa membantu hidup seseorang menjadi lebih sehat dan lebih panjang. Studi yang dilangsungkan oleh Universidad Autonoma de Madrid dan Harvard T.H. Chan School of Public Health ini menemukan bahwa pola makan, aktivitas fisik, kehidupan sosial, dan juga jam tidur siang berpengaruh pada kualitas hidup seseorang.

Penelitian ini melibatkan 110.799 partisipan berumur 40-75 tahun dari Inggris, yang amat jauh dari wilayah Mediterania, untuk melihat apakah pola hidup ini bisa diimplementasikan di luar wilayah tersebut. Penelitian ini dilangsungkan selama 9 tahun untuk melihat efek gaya hidup tersebut kepada kenyataan di lapangan. Diketahui para partisipan penelitian ini menghadapi resiko kematian akibat kanker lebih rendah 28%, dan menghadapi penyebab kematian lain secara umum lebih rendah 29%.

Jadi apa saja gaya hidup ala Mediterania yang bisa kita adaptasi supaya lebih sehat, bahagia, dan berumur panjang? Di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Pola Makan

Wilayah Mediterania terdiri dari beberapa negara Eropa, Asia, dan Afrika yang mengelilingi laut Mediterania. Negara-negara ini termasuk Spanyol, Perancis, Yunani, Turki, Siria, Mesir, Libia, Tunisia, Aljazair, dan Maroko. Orang-orang di wilayah ini terkenal dengan kulinernya yang didominasi ikan, sayuran, biji-bijian, dan lemak baik dari minyak zaitun dan keju. Mereka juga makan banyak buah-buahan yang mengandung banyak air dan berwarna-warni. Selain itu, jika ingin mengadopsi pola makan ala Mediterania, kita harus menghindari makanan tinggi garam, gula, dan daging merah.

2. Sering Tidur Siang

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang singkat bisa meningkatkan kesehatan dan kinerja otak secara signifikan. Bahkan, tidur siang bisa mengurangi resiko demensia dan penyakit jantung, serta mengurangi pengaruh buruk terpapar asap rokok atau merokok pasif.

Tidur siang yang efektif dilakukan sesaat setelah makan siang, dan dilakukan dalam durasi 5 hingga 15 menit. Bahkan ada penelitian lain yang mengatakan mereka yang rajin tidur siang di sela-sela kesibukannya bisa punya otak yang lebih besar dan lebih muda dibandingkan mereka yang terus-terusan terjaga sepanjang hari.

3. Sering Santai bersama Teman

Hubungan sosial yang penting dan berarti ternyata penting untuk hidup panjang. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering santai bersama teman-teman akan lebih bahagia dan tidak stress.

Bersantai tentu saja menyenangkan, namun kegiatan fisik aktif juga penting. Orang Mediterania lebih banyak bergerak dan berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan. Hal ini berpengaruh positif kepada kesehatan tubuh, walau terkesan santai dan tidak melakukan olahraga berat.

Jadi gimana menurut lo? Apakah gaya hidup ala Mediterania bisa diaplikasikan di Indonesia?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read