Memperingati 100 Tahun Hachiko, Anjing Setia dari Jepang
November 13, 2023

Anjing akita Hachiko yang terkenal karena kesetiaan kepada tuannya, merayakan ulang tahunnya yang ke 100 pada 10 November 1923. Hachiko lahir di kota Ōdate, di Prefektur Akita, di tahun 1923.

Hachiko adalah milik seorang profesor bernama Hidesaburō Ueno. Setiap pagi Hachiko mengantar tuannya ke stasiun Shibuya, dan menunggu tuannya pulang di sore hari di tempat yang sama. Sayangnya, Ueno meninggal mendadak pada tahun 1925, namun Hachiko terus datang ke stasiun kereta untuk menunggu Ueno pulang. Ia setia menunggu selama hampir 10 tahun hingga meninggal pada bulan Maret 1935. Kisah Hachiko dimuat di koran lokal dan menyentuh hati banyak orang, hingga ia dianggap sebagai simbol nasional untuk kesetiaan dan kasih sayang keluarga.

Source: Wikipedia

Penduduk yang bersimpati pada Hachiko akhirnya membuatkan patungnya untuk dipasang di tempat ia biasa menunggu tuannya di Stasiun Shibuya pada tahun 1934, tak lama sebelum kematian anjing tersebut. Pada Perang Dunia II, patung itu dilebur untuk diambil logamnya. Akan tetapi, patung baru dipasang pada tahun 1948. Tempat itu kemudian menjadi tempat pertemuan yang populer di Stasiun Shibuya yang sibuk. Patung itu juga menjadi lokasi foto populer bagi penduduk lokal dan turis asing.

Kisah Hachiko semakin mendunia ketika film Amerika, Hachi: A Dog's Tale (2009) dirilis. Pada tahun 2015, Fakultas Pertanian Universitas Tokyo mendirikan patung perunggu yang menggambarkan Hachiko dan Profesor Ueno yang akhirnya bertemu. Patung itu dibuat oleh seniman Tsutomu Ueda, yang memperlihatkan Hachiko yang amat gembira, melompat riang karena akhirnya bertemu dengan tuannya.

Source: Japantravel.com



See other posts

Warga Cina Mulai Manfaatkan AI untuk “Hidupkan” Kembali Orang-Orang yang Sudah Meninggal
Virgin Galactic Mengirim Tiga Turis Ke Luar Angkasa dengan Roket Pariwisata
Indofood’s Director, Axton Salim, response to Lays, Doritos, and Cheetos’ transformation rumor.