Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech

Maskapai Selandia Baru Berencana Terbangkan Pesawat Listrik Baterai Mulai 2026

Credit: William WEST / AFP©

Maskapai nasional Selandia Baru, Air New Zealand, mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja keras untuk bisa menerbangkan pesawat listrik dengan bahan bakar baterai di tahun 2026. Maskapai tersebut telah memesan pesawat listrik ALIA dari pabrik pesawat Amerika Serikat, Beta Technologies.

Pesawat ini akan diuji coba terlebih dahulu untuk menjadi pesawat kargo untuk mengantar paket barang dan surat. Belum ada tanggal pasti kapan pesawat listrik ini bisa digunakan untuk mengangkut penumpang manusia.

“Kami ingin menjadi maskapai pertama yang menggunakan pesawat generasi baru secara komersil,” Kepala Bidang Teknologi Terbarukan dari Air New Zealand, Kiri Hannifin, mengatakan kepada AFP.

Saingan mereka, Scandinavian Airlines yang menjadi maskapai tiga negara, Norwegia, Swedia, dan Denmark, mengatakan akan mengangkut penumpang pertamanya dalam pesawat listrik komersil pertama di tahun 2028.

Air New Zealand mengatakan bahwa pesawat listrik dari ALIA bisa diisi daya sampai penuh dalam sejam. Ia bisa mendarat dan lepas landas seperti pesawat biasa yang berbahan bakar avtur.

Pesawat listrik ALIA dengan badan sepanjang 12 meter dan bobot 3 ton bisa terbang hingga 480 km dalam satu penerbangan percobaan. Kecepatan maksimalnya di angka 270 km per jam dengan ketinggian 3000 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read