Manchester United dan Adidas Luncurkan Kolaborasi Baru
May 17, 2023

Klub sepakbola Inggris Manchester United dan merek pakaian olahraga Adidas berkolaborasi dalam satu koleksi baru yang nostalgis. Koleksi "Man Utd x Originals" kali ini dibuat untuk merayakan "terrace wear", salah satu jenis look yang kerap diasosiasikan dengan masa kejayaan klub tersebut di dekade 80 dan 90 an di bawah arahan pelatih legendaris Sir Alex Fergusson.

Koleksi ini terdiri dari jersey, kaos, hoodie, joggers, trainers, dan track jacket. Ada juga sweatpants and crew neck untuk perempuan, serta sepatu klasik Samba hitam dengan aksen strip merah. Uniknya, koleksi ini juga termasuk bench jacket yang terinsipirasi jaket yang kerap dipakai oleh Sir Alex Ferguson di tahun 90an.

Semua koleksi ini tersedia di website Manchester United, dengan harga berkisar dari yang paling murah yakni celana pendek seharga £21 (sekitar Rp388.000) hingga bench jacket seharga £180 (hampir Rp3.500.000). Ada juga beberapa kaos klasik bertuliskan Old Trafford dengan logo klasik Adidas seharga £30.

Source: ManUtd.com

Terrace wear adalah istilah untuk cara berpakaian para penggemar sepakbola yang kerap menyematkan logo-logo tim kesayangan mereka di pakaian sehari-hari. Kebiasaan ini sama seperti yang muncul di semua subkultur lain di mana fashion menjadi bagian komunitas untuk menunjukkan identitas mereka.

Kemunculan terrace fashion bisa ditelusuri hingga ke dekade 70an ketika kesuksesan klub sepakbola Inggris menginspirasi para penggemar mereka yang kebanyakan anak muda. Para penggemar ini kerap berjalan-jalan keliling Eropa untuk menonton pertandingan, dan membawa pulang koleksi pakaian olahraga yang mereka jumpai di negara-negara asing.

Kebiasaan ini kemudian diadaptasi oleh berbagai merek seperti Nike, Adidas, Puma, Diadora, Kappa, dan masih banyak lagi. Merek-merek ini menjadi bagian penting dari subkultur ini di dekade 70 dan 80 an, di mana mereka mulai mempopulerkan penggunaan pakaian olahraga yang santai untuk kegiatan sehar-hari.



See other posts

Dana JHT Baru Bisa Dicairkan 100% Saat Peserta Berusia 56 Tahun, Menurut Aturan Baru.
Enam Kota Indonesia Masuk Daftar Kota dengan Makanan Lokal Terbaik Sedunia
MrBeast Sumbang 20.000 Pasang Sepatu Kepada Anak-Anak Afrika yang Selalu Bertelanjang Kaki