Lima Fakta Unik Uji Coba Ke-4 “Starship,” Wahana Antariksa Elon Musk
June 6, 2024

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS mengumumkan bahwa mereka telah mengeluarkan izin pengujian keempat "Starship" milik Elon Musk pada Selasa (4/6).

Pada Kamis (6/6), SpaceX memiliki rencana untuk melakukan uji penerbangan keempat Starship, wahana roket raksasa mereka, dengan tujuan utama yang menantang: bertahan dalam re-entry melalui atmosfer Bumi yang membara. Ini merupakan fase yang sangat berbahaya di mana roket tersebut hancur saat percobaan sebelumnya.

"Starship," sebuah roket dua tahap yang berdiri hampir 400 kaki (122 meter) tingginya, siap meluncur dari fasilitas roket SpaceX di selatan Texas, dengan waktu peluncuran yang dijadwalkan sekitar pukul 7 pagi waktu setempat (12.00 GMT) untuk misi uji terbaru dalam kampanye pengembangan roket uji-untuk-kegagalan dari perusahaan Elon Musk.

Berikut merupakan lima fakta unik tentang peluncuran wahana Starship milik Elon Musk:

1. Pencapaian Teknologi Masa Depan

SpaceX telah mendapatkan izin untuk meluncurkan Starship keempat mereka, menandai langkah besar dalam eksplorasi antariksa. Starship adalah pesawat luar angkasa yang dirancang untuk melakukan perjalanan jauh di luar angkasa, termasuk ke Mars dan planet-planet lain.

2. Penggunaan Teknologi Terbaru

Peluncuran Starship menggunakan teknologi terbaru dalam penerbangan antariksa, termasuk sistem propulsi yang inovatif dan desain aerodinamis yang canggih. Hal ini menunjukkan komitmen SpaceX untuk terus mengembangkan teknologi antariksa yang revolusioner.

3. Tujuan Misi yang Ambisius

Misi Starship keempat ini bertujuan untuk menguji kemampuan wahana luar angkasa tersebut dalam melakukan pendaratan kembali ke Bumi setelah melakukan perjalanan di luar angkasa. Ini merupakan langkah penting dalam persiapan untuk misi antariksa manusia di masa depan.

4. Dukungan Pemerintah

SpaceX telah mendapatkan izin resmi dari otoritas penerbangan untuk meluncurkan Starship keempat mereka, menunjukkan bahwa proyek ini mendapatkan dukungan yang kuat dari pemerintah. Ini merupakan dorongan besar bagi visi SpaceX untuk menjadikan perjalanan luar angkasa lebih terjangkau dan lebih dapat diakses oleh banyak orang.

5. Langkah Menuju Masa Depan Antariksa

Peluncuran Starship keempat ini merupakan langkah penting dalam perjalanan menuju masa depan antariksa yang lebih cerah. Dengan terus mengembangkan teknologi dan melakukan misi eksplorasi yang ambisius, SpaceX membuka jalan bagi manusia untuk menjelajahi luar angkasa dengan lebih dalam dan lebih jauh dari sebelumnya.

Dengan peluncuran Starship keempat ini, SpaceX tidak hanya membuka pintu menuju masa depan antariksa yang lebih cerah, tetapi juga menginspirasi generasi mendatang untuk bermimpi lebih besar dan mencapai lebih jauh. Dengan kerjasama global dan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, kita dapat menjelajahi luar angkasa dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Space Exploration Technologies Corp., atau yang lebih dikenal dengan nama SpaceX, adalah perusahaan swasta yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002. Dengan visi membuat perjalanan luar angkasa lebih terjangkau dan lebih sering terjadi, SpaceX telah menjadi pemimpin dalam eksplorasi antariksa modern. Salah satu proyek utama mereka adalah Starship, sebuah wahana luar angkasa besar yang dirancang untuk membawa manusia ke planet Mars dan destinasi luar angkasa lainnya.



See other posts

Bossman Burgers Membuka Cabang di Canggu
Salah satu panel dalam Pemotor Misterius. Sumber: Instagram/pemotormisterius
Mengulik Pemotor Misterius, Komik Indonesia yang Digarap dengan AI
Para Perempuan dalam REUNION RE:DEFINED tampil unik dengan padu padan lingerie Nipplets dan busana kasual