Lima Fakta Unik Tentang Transfer Kylian Mbappe ke Real Madrid
June 5, 2024

Salah satu berita transfer pemain bola dunia yang paling dipantau akhir-akhir ini yaitu perpindahan Kylian Mbappe, anak emas Paris Saint-Germain (PSG), ke Real Madrid. 

Kepindahannya resmi diumumkan pada Senin, 3 Juni 2024 setelah memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan PSG. Ia meninggalkan jejak yang mengesankan di klub asal kampung halamannya tersebut di Paris, dengan catatan 256 gol dari total 308 penampilan.

Walau usianya baru mencapai pertengahan kepala dua, dirinya telah mengantongi segudang prestasi selama berkarir di ranah sepak bola. Ia menjadi salah satu pemain terunggul dalam sejarah PSG dan telah dipercaya menjadi kapten kesebelasan nasional Prancis oleh pelatih Didier Deschamps dimulai dari 21 Maret 2023.

Berikut adalah poin-poin menarik tentang transformasi Mbappe menjadi bintang lapangan baru El Real:

1. Dream Come True

Source: Instagram/k.mbappe

Sejak kecil, Mbappe mengaku sudah menjadi penggemar berat klub legendaris asal berbasis Spanyol tersebut. Berkat kegigihan dan keinginan kuatnya, akhirnya ia berhasil menggapai mimpinya tersebut.

“Sebuah mimpi yang jadi kenyataan. Saya merasa sangat bahagia dan bangga dapat bergabung dengan klub impian saya. #realmadrid. Tidak ada yang bisa mengerti betapa bahagianya saya. Tidak sabar untuk bertemu dengan kalian semua, madridistas, dan terima kasih atas segala dukungan kalian yang melimpah,” sebut Mbappe dalam pengumuman resminya di Instagram.

2. Sambutan Hangat Ronaldo

Source: Instagram/k.mbappe

Kedatangan Mbappe ke Real Madrid langsung mendapati sambutan istimewa dari mantan bintang klub tersebut yang telah melambungkan nama Real Madrid selama bertahun-tahun, Cristiano Ronaldo.

“Giliran saya untuk merasa antusias untuk menyaksikanmu di (Santiago) Bernabeu,” sebut Ronaldo di kolom komentar pengumuman transfer Mbappe.

Sambutan tersebut juga terasa ekstra istimewa mengingat Ronaldo yang sudah menjadi salah satu idola terbesar Mbappe sejak kecil. Di postingan yang sama, ia juga membagikan foto masa kecilnya saat bertemu dengan Ronaldo.

UPDATE: Komentar Ronaldo di postingan Mbappe kini telah memecah rekor sebagai komentar dengan likes terbanyak di Instagram, dengan perolehan likes yang tembus angka 4,5 juta.

3. Segi Keuangan

Source: Getty Images/Elsa

Salah satu hal yang paling disorot oleh para penggemar bola yaitu total biaya yang harus dikeluarkan Real Madrid untuk mendapatkan Mbappe, yakni 0 Rupiah.

El Real tidak perlu mengeluarkan biaya transfer karena masa kontrak Mbappe yang sudah habis di PSG, ditambah dengan keengganannya untuk memperpanjang masanya di sana. Dirinya bersedia untuk bergabung dengan klub impiannya tersebut tanpa dibayar biaya sepeserpun.

Akan tetapi, sebagai gantinya El Real harus menyiapkan bonus yang lebih besar untuk Mbappe, yakni sebesar 100 juta Euro dalam sekali bayar. Gaji nya per musim dikabarkan sebesar 15 juta Euro, lebih kecil dari nominal yang ia terima saat masih bermain di PSG yakni 72 juta Euro.

4. Jadi Tim Termahal Di Dunia

Source: Real Madrid

Tidak tanggung-tanggung, kehadiran Mbappe di Real Madrid menjadikannya klub bola termahal di dunia dalam seketika. Nilai pasar El Real kini ditaksir mencapai angka Rp21 Triliun.

Status Mbappe sebagai pemain termahal di El Real menjadi faktor utama di balik pencapaian tersebut. Nilai pasarnya sendiri ditaksir memiliki nilai hingga Rp3,1 Triliun, di antara rekan-rekan barunya yang memiliki nilai pasar rata-rata sebesae Rp846 miliar.

5. Musuhan Dengan PSG?

Source: AFP via Getty Images

Dalam konferensi pers terkini yang diselenggarakan oleh Real Madrid, Mbappe sempat mengungkapkan bahwa dirinya mengalami interaksi-interaksi yang tidak nyaman dengan beberapa pihak PSG.

“Mereka membuatku mengerti, mengatakannya di depan mukaku, dengan kasar. Mereka mengatakan kepadaku bahwa Luis Enrique dan Luis Campos lah yang menyelamatkanku. Tanpa mereka, saya tidak akan bisa turun ke lapangan lagi selama beberapa musim terakhir. Itulah kebenarannya,” ungkap Mbappe.

Dari pernyataan tersebut, banyak yang berspekulasi bahwa keputusan Mbappe untuk tukar jersey dengan El Real tidak hanya berakar dari impian lamanya namun juga karena ketidaknyamanannya dengan perlakuan yang ia dapatkan dari beberapa pihak di PSG.



See other posts

Thai Government is Giving Away One Million Free Marijuana Plants
Mahasiswa Unusa Ciptakan “Dompet Pintar Anti Hilang” Yang Dilengkapi Dengan Alarm dan GPS
Penuh Aksi dan Intrik, Film “13 Bom Di Jakarta” Tuntut Para Pemain untuk Keluar Dari Zona Nyaman Demi Peran