Lily Gladstone, Aktris Keturunan Orang Asli Amerika, Cetak Rekor Baru dalam Golden Globe Awards 2024
December 12, 2023

Lily Gladstone (37), seorang aktris keturunan Orang Asli Amerika, berhasil mencetak sejarah sebagai pemeran keturunan Orang Asli Amerika pertama yang meraih nominasi Best Actress in A Motion Picture dalam Golden Globe Awards 2024. Nominasi ini diraih berkat perannya sebagai Mollie Burkhart dalam film Killers of The Flower Moon (2023) garapan sutradara Martin Scorsese. Kabar ini dipastikan melalui pengumuman daftar lengkap peraih nominasi Golden Globe Awards pada Senin (11/12). 

Sebelumnya,  Irene Bedard, seorang aktris keturunan Orang Asli  Amerika lainnya pernah meraih nominasi Golden Globes pada 1995 untuk kategori Best Performance by an Actress in a Mini-Series or Motion Picture Made for TV. 

Di kategori Best Actress in A Motion Picture, Gladstone akan berhadapan dengan para nomine lainnya yaitu Annete Bening (Nyad), Greta Lee (Past Lives), Sandra Hüller (Anatomy of a Fall), Carey Mulligan (Maestro) dan Cailee Spaeny (Priscilla). 

Sebelumnya, Gladstone sempat dianugerahi gelar Best Actress oleh National Board of Review (NBR) dan New York Film Critics Circle di New York City untuk peran yang sama. Ia juga menjadi salah satu penerima gelar kehormatan dalam acara Variety’s Power of Women yang digelar untuk menghargai perjuangan kaum perempuan dalam menghadapi berbagai ujian hidup.

Lily Gladstone dan Leonardo DiCaprio dalam Killers of The Flower Moon (2023). Courtesy of Paramount Pictures

Lily Gladstone lahir dari seorang ibu berkulit putih dan ayah keturunan suku Blackfeet dan Nez Perce. Ia dibesarkan di kawasan reservasi Indian Blackfeet di Montana, Amerika Serikat. Minatnya dalam bidang akting pertama kali muncul saat masih berumur 5 tahun sejak menyaksikan film Return of The Jedi dari dunia Star Wars. Saat remaja, ia dan keluarganya pindah ke Seattle, Washington di mana ia mulai mendalami dunia seni peran melalui berbagai kelas teater. 
Debut akting film panjang Gladstone adalah film Jimmy P: Psychotherapy of a Plains Indian pada 2012 dan sejak itu ia mulai muncul di sejumlah judul film lainnya. Namanya semakin dipopulerkan oleh penampilannya dalam Killers of The Flower Moon, di mana ia berkesempatan untuk beradu akting dengan aktor-aktor papan atas seperti Leonardo DiCaprio dan Robert DeNiro.



See other posts

Mengenal Tai Chi, Sumber Dibentuknya Hari Healing Sedunia Tanggal 27 April
The Dean of FISIP, Universitas Riau, Has Been Named As A Suspect For Alleged Sexual Harassment.
Restoran Terapung di Norwegia Terkenal Karena Bentuknya Yang Unik