Levi’s Rayakan 150 Tahun 501
May 19, 2023

Perusahaan denim legendaris Levi's merayakan 150 tahun keberadaan rancangan flagship-nya, yakni celana jeans seri 501. Perayaan ini dilangsungkan di semua toko Levi's di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

“501 telah berevolusi dari sebuah celana yang hanya dipakai oleh pekerja tambang menjadi ikon jeans dunia," ujar Hary Prasetyo, Country Manager PT Levi Strauss Indonesia, dalam jumpa media di Levi's Store, Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Jumat (19/5).

Menurut Hary, 501 hadir secara konsisten bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri dengan melampaui batas budaya dan kelas sosial. "Lebih dari sekedar jeans, menurut kami cerita tersebut bukan hanya milik seseorang saja, namun milik semua orang," tambahnya.

Levi Strauss mendapatkan paten untuk proses riveting celana yang saat ini dikenal sebagai 501 jeans pada 20 Mei 1873 di San Fransisco. Karena kekuatan bahannya, celana ini menjadi celana andalan para pekerja kerah biru termasuk para pekerja tambang, industri yang sedang amat berkembang di saat itu. Kini, 150 tahun kemudian, celana 501 tersebut telah menjadi ikon busana global dan menjadi inspirasi untuk semua jenis jeans dari berbagai merk.

Seniman paint maker Mar Kristoff bereksperimen dengan 501 jeans di 501 Experience Custumization. Courtesy of Levi Strauss Indonesia.

Untuk memperingati 150 tahun 501, Levi's menyelenggarakan rangkaian aktivasi di berbagai negara termasuk Indonesia bertajuk 501 Experience. Penggemar Levi’s di Jakarta dapat hadir secara langsung di acara 501 Experience yang berlokasi di Original Levi’s Store Grand Indonesia East Mall lantai 2 pada tanggal 19 - 20 Mei 2023.

Di sini, penggemar 501 dapat bersama-sama merayakan 150 tahun jeans ikonik ini dengan berbagai kegiatan mulai dari 501 History Exhibition, 501 Future Wearer Customization, 501 Experience Photo Booth, 501 Local Immersive Exhibition, 501 Fans Icons Photobook Launch dan DJ Performances.

Salah satu yang spesial dari perayaan ini adalah kolaborasi Levi's dengan tiga seniman muda Indonesia yakni Angela Judiyanto, Indriya Jalu (Loudeath), dan Studio Koneki (Mar Kristoff). Pengunjung dapat mengekspresikan kostumisasi denim dengan karya mereka yang diterjemahkan dalam bentuk patches, live screenprint dan paint marker.

Selain itu, Levi's Indonesia juga berkolaborasi dengan delapan anak muda untuk merepresentasikan penggemar 501 di Indonesia. Anak-anak muda ini datang dari latar belakang beragam, yakni musisi, wirausahawan, hingga seniman yang punya berbagai cerita sentimental tentang 501 kesayangan mereka. Mereka adalah Abdul, Adrian Khalif, Arswandaru, Danilla Riyadi, Michael Killian, Morad, RamenGvrl dan Sammy Bramantyo. Untuk menarasikan cerita mereka, tiga fotografer muda Hilarius Jason, Vicky Tanzil dan Vony Wong mengabadikan cerita mereka dalam satu photobook yang bisa dinikmati pada acara 501 Experience di Jakarta.

Musisi muda Danilla dan Morad setelah bermain di photobooth dalam acara jumpa media. Courtesy of Levi Strauss Indonesia.

Bersamaan dengan perayaan ini pula, Levi’s juga menghadirkan koleksi spesial yaitu 501 Original Birthday Selvedge dan 501 Original Banner Print yang terinspirasi dari banner Levi’s tahun 1930-an.



See other posts

Justin Timberlake Ditangkap di New York atas Tuduhan DWI
VENESIA DISARANKAN MASUK DAFTAR SITUS WARISAN DUNIA TERANCAM PUNAH OLEH UNESCO
Agensi yang Menaungi Mendiang Lee Sun-kyun Buka Suara Mengenai Kepergiannya