Lagu “Terakhir” The Beatles akan dirilis Pekan Depan
October 27, 2023

Band Inggris legendaris The Beatles akan merilis lagu baru yang pembuatannya dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan. Dua anggota The Beatles yang masih hidup, Paul McCartney dan Ringo Starr, menyatakan hal tersebut pada Kamis (26/10).

Lagu berjudul "Now and Then" tersebut ditulis dan pertama kali dinyanyikan oleh mendiang John Lennon. Lennon merekamnya sendiri di akhir tahun 1970an di rumahnya di New York dengan diiringi piano. Lagu ini sempat dikembangkan oleh anggota The Beatles yang lain, akan tetapi belum sempat diselesaikan hingga layak rilis.

Akhirnya, setelah menunggu hampir setengah abad, lagu tersebut diselesaikan oleh McCartney dan Starr dengan bantuan AI yang melengkapi elemen-elemen dari rekaman aslinya. Teknologi AI digunakan untuk memisahkan suara Lennon dari suara piano, yang kemudian "ditempelkan" ke musik yang direkam dengan matang di Capitol Studios di Los Angeles. Dalam sesi rekaman tersebut, Starr memainkan drum, sementara McCartney mengisi vokal latar, bass, piano, dan gitar dengan isian slide yang sangat khas mendiang gitaris George Harrison.

Menurut McCartney, suara John Lennon terdengar "...sebening kristal", dan membuat semua yang terlibat begitu emosional ketika mendengarkan hasil akhirnya.

Lagu ini akan dilempar ke pasaran oleh Apple Corps, Capitol, dan Universal Music Enterprises (UMe) pada tanggal 2 November. Video klip untuk menemani single ini juga akan dirilis sehari setelahnya. Sementara itu, dokumenter berdurasi 12 menit yang ditulis dan disutradarai oleh Oliver Murray mengenai The Beatles akan tayang di YouTube dengan menampilkan wawancara bersama McCartney dan Starr.

"Now and Then" adalah beberapa salah satu dari beberapa lagu dalam kaset demo yang direkam Lennon untuk McCartney, setahun sebelum kematiannya di tahun 1980. Yoko Ono, istri Lennon, memberikan kaset demo tersebut ke Paul McCartney pada 1994. Di dalam kaset tersebut ada lagu "Free as a Bird" dan "Real Love" yang dibersihkan oleh produser Jeff Lynne dan dirilis pada 1995 dan 1996.



See other posts

The Teacher Who Raped 12 Female Students Was Finally Arrested.
Pixar Released First Trailer For “Lightyear”.
Para Perempuan dalam REUNION RE:DEFINED tampil unik dengan padu padan lingerie Nipplets dan busana kasual