Entertainment
Kue Gaun Pernikahan Layak Pakai Terbesar di Dunia Pecahkan Rekor Guinness di Swiss
April 28, 2023

Pemilik toko kue di Swiss, Natasha Coline Kim Fah Lee Fokas, telah mencetak rekor kelas dunia dengan membuat kue gaun layak pakai terbesar di acara Swiss Wedding World Expo, di kota Bern, Switzerland. Rekor tersebut ditorehkan pada pada Minggu, 15 Januari 2023 saat sesi final acara fashion show di acara pameran pernikahan tersebut. 

Tidak hanya bisa dikenakan sebagai baju, kue itu juga bisa dimakan! Setelah pemecahan rekor, kue tersebut kemudian dipotong-potong dan dibagi-bagi untuk para tamu. Uniknya, kue tersebut dipotong-potong ketika masih dikenakan oleh model yang memperagakannya. 

Source: guinnessworldrecords.com

Source: guinnessworldrecords.com

Karya ini dibuat dengan bahan dasar kue tradisional yang dihiasi oleh royal icing disertai dengan rangka alumunium untuk memastikan posisi kue tetap proporsional. Kue berbentuk gaun ini berwarna putih susu dengan ukuran keliling 4,15 m, tinggi 1,57 m, diameter 1,319 m, dan berat 131,15 kg. Karena ini adalah rekor baru, Guinness menentukan syarat bahwa kue tersebut harus seberat paling tidak 68 kg, dan model yang mengenakannya harus bisa berjalan sepanjang 5 meter tanpa membuat kue tersebut rusak. Semua syarat ini dipenuhi oleh karya Fokas. Seluruh proses ini disaksikan dan telah diverifikasi oleh Seyda Subasi-Gemici sebagai juri dari Guinness World Records.

Dikutip dari website resmi Guinness World Records, Fokas mendapatkan ide untuk merancang kue berbentuk gaun pernikahan saat sedang bekerja di studio tempat ia berkreasi dengan kue. Untuk mewujudkan idenya itu ia bereksperimen menggunakan anaknya sebagai model. Diketahui, Natasha telah memiliki usaha pembuatan kue custom sejak 2014 yang ia beri nama Sweety Cakes di kota Thun, Swiss.

Hingga saat ini, unggahan tentang karya Natasha berhasil memperoleh 3,7 juta likes di Instagram dan 145,2 ribu likes di TikTok Guinness World Record. 

Penulis: Raffa Putra A.

Editor: Gisela Swaragita



See other posts

HOAX: Swedia Tidak Akan Selenggarakan Kompetisi Seks
Baim Wong Tuai Kontroversi usai Kontennya Dianggap ‘Jual’ Kemiskinan
Mattel Siapkan Sederet Film dari Mainan Setelah Barbie