Kisah Tiago Rech, Mantan Suporter Klub Bola FC Santa Cruz yang Jadi Manajer Tersukses Mereka
May 19, 2024

Bagi Tiago Andre Rech, menjadi seorang manajer klub sepak bola yang sukses hanya memerlukan modal kecintaan yang sungguh-sungguh terhadap klub yang ia asuh. 

Bagaimana tidak? Karir Rech dimulai sebagai suporter satu-satunya klub yang ia asuh tersebut hingga akhirnya ia mendapatkan pekerjaan dalam klub dan kelak menjadi manajer tersukses mereka.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah FC Santa Cruz sejak 1913, mereka meraih berbagai pencapaian gemilang termasuk penghargaan Copa Gaucha di bawah arahan Tiago Rech. Mereka mencapai titik tersebut setelah bertahun-tahun mengalami keterpurukan di bawah manajemen yang tidak efektif sebelum Rech memperkenalkan dirinya.

Rech selalu menjadi suporter setia klub asal Brazil yang berkompetisi di Serie C liga Brazil tersebut. Dia tidak menyangka akan naik menjadi presiden klub yang ia idolakan tersebut 8 tahun yang lalu, saat ia masih menjadi suporter satu-satunya klub tersebut di antara 6.735 orang di stadion saat laga berlangsung.

Saat berusia 22 tahun pada 2012, Rech yang merupakan mantan jurnalis mendapatkan tawaran posisi Public Relation di klub tersebut dan ia dengan senang hati menerimanya.

Seiring waktu berjalan, ia menggunakan koneksinya untuk memperkenalkan Santa Cruz ke dunia luar, meningkatkan popularitasnya dan memberinya kesempatan untuk berlaga di lebih banyak ajang, termasuk di Copa Gaucha. Ia menggunakan cara-cara inovatif yang ia peroleh berkat latar belakangnya sebagai jurnalis untuk mengasuh klubnya.

Akhirnya pada 2018, Rech menerima jabatan presiden Santa Cruz dan bertekad untuk memajukan kondisi dan status klub sekeras mungkin.

Namun, mengelola Santa Cruz tentunya tidak mudah karena krisis finansial yang mereka alami saat itu. Tak jarang, Rech harus menggunakan dana dari rekening pribadinya untuk mendukung keberlangsungan klub meliputi para pemainnya. Depresi pun kerap kali melandanya atas kesulitan memperbaiki kondisi Santa Cruz.

5 tahun kemudian pada 2020, kesabaran dan upaya keras Rech terbayar sudah. Santa Cruz berhasil unggul 4-3 atas Sao Jose Futebol dalam laga final Copa Gaucha tahun itu untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Pencapaian ini membuka luas pintu untuk berlaga di Piala Brazil bagi Santa Cruz.

Rech kini masih dipercaya untuk menjabat sebagai presiden FC Santa Cruz dan telah mengukir namanya sebagai manajer tersukses dan terpopuler dalam sejarah klub tersebut. Kisahnya telah menjadi inspirasi bagi banyak penggemar sepak bola di dunia, menjadi pengingat bahwa tidak ada yang mustahil jika terdapat cinta yang sungguh-sungguh terhadap klub yang mereka dukung.



See other posts

Satu Jalan Raya di Detroit Mampu Isi Daya Mobil Listrik yang Melintasinya
Garin Nugroho Gandeng Nicholas Saputra, Monita Tahalea, Dira Sugandi dll dalam Film Musikal Melodrama
Tiket Pertunjukan Tutur Batin Yura Yunita di Jakarta Habis Terjual dalam ±2 Jam