Connect with us

Hi, what are you looking for?

Current Affairs

Kebun Binatang Inggris Rayakan Kelahiran Bayi Monyet Hitam Sulawesi yang Langka

Source: Instagram.com/chesterzoo

Para ahli dan pekerja konservasi di Kebun binatang Chester di Inggris merayakan kelahiran seekor bayi monyet hitam Sulawesi. Mereka patut bergembira, pasalnya monyet hitam Sulawesi, atau monyet Yaki, adalah spesies primata yang jumlahnya paling terancam. Dalam unggahan Instagram pada Sabtu (3/6), kebun binatang ini membagikan foto si kecil dengan induknya, Rumple, dan ayahnya, Mamassa.

Diketahui, si bayi kecil yang belum diberi nama ini lahir pada 16 Mei 2023. Menurut rilis kebun binatang, Rumple kerap “meminjamkan” bayi ini kepada betina-betina lain di dalam kelompoknya. Monyet hitam Sulawesi memang terkenal sebagai binatang sosial, di mana setiap keturunannya dirawat bersama-sama oleh para monyet dewasa di dalam kelompok.

Saat ini, hanya ada sekitar 5.000 ekor monyet hitam Sulawesi, atau yang dikenal dengan nama latin Macaca nigra, di habitat aslinya. Kelahiran bayi kecil ini menjadi secercah harapan dalam upaya konservasi spesies terancam ini.

Habitat alami monyet hitam Sulawesi terus menerus terancam deforestasi akibat penebangan hutan dan pembukaan lahan untuk pertanian, utamanya sawit. Spesies ini juga terancam pemburu liar dan perdagangan satwa ilegal. Saat ini, monyet hitam Sulawesi berstatus critically endangered dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read