Kebijakan Baru X: Menyembunyikan Likes Pengguna untuk Meningkatkan Privasi dan Kenyamanan
June 16, 2024

X/Twitter kembali memperkenalkan kebijakan baru yang usai kebijakan sebelumnya mengenai konten NSFW membuat kontroversial. Kebijakan tersebut menyembunyikan jumlah likes pada postingan pengguna dari publik. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk melindungi privasi pengguna dan meningkatkan kualitas interaksi di platform tersebut.

Menurut pernyataan dari pihak X, kebijakan ini dirancang untuk membantu pengguna menjaga citra publik mereka dan mengurangi tekanan sosial yang terkait dengan jumlah likes. Haofei Wang, Direktur Teknik di X, mengungkapkan bahwa likes publik seringkali mendorong perilaku yang tidak diinginkan di platform, seperti troll dan balas dendam sosial. Dengan menyembunyikan likes, diharapkan pengguna akan merasa lebih bebas untuk menyukai konten yang mereka anggap menarik tanpa takut akan dampak negatif.

Sebelumnya, fitur menyembunyikan likes hanya tersedia bagi pengguna berbayar, namun kini X memperluasnya untuk semua pengguna secara default. Meskipun jumlah likes tetap terlihat oleh pemilik postingan, profil pengguna yang menyukai tidak akan lagi dapat diakses oleh publik. Ini berarti bahwa orang tidak bisa lagi melihat siapa saja yang menyukai postingan tertentu, hanya jumlah total likes yang masih akan terlihat.

Kebijakan ini mendapat berbagai tanggapan dari pengguna. Beberapa pengguna merasa bahwa fitur ini membantu mengurangi tekanan sosial dan memungkinkan interaksi yang lebih autentik. Namun, ada juga yang khawatir kebijakan ini dapat mengurangi transparansi dan berdampak pada cara mereka menemukan konten baru berdasarkan likes dari akun yang mereka hormati.

Meskipun likes disembunyikan, data aktivitas ini tetap digunakan oleh algoritma X untuk mempersonalisasi konten yang ditampilkan di timeline pengguna. Algoritma akan terus belajar dari preferensi pengguna berdasarkan likes yang diberikan, meskipun informasi tersebut tidak lagi tersedia untuk umum. Ini diharapkan dapat meningkatkan relevansi dan kualitas konten yang disajikan kepada setiap pengguna.

Kebijakan baru X untuk menyembunyikan likes dari publik adalah langkah berani yang bertujuan untuk meningkatkan privasi dan kenyamanan pengguna di platform. Sementara dampaknya masih harus dilihat lebih lanjut, langkah ini menunjukkan komitmen X untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan media sosial yang lebih sehat dan mendukung interaksi yang lebih bermakna.



See other posts

The Police Brigadier Who ‘Smackdown’-ed A Student Finally Apologized.
A Man in Georgia Spent Covid Funds For Pokemon Cards.
Sri Mulyani Has Officially Increased Cigarette Excise Duty in 2022 by An Average of 12 Percent.