Kata Wibu Masuk Entri KBBI
February 28, 2023

Untuk sebagian orang, Kamus Besar Bahasa Indonesia terasa amat baku dan formal. Namun sebenarnya ada banyak kata-kata slang yang dipakai sehari-hari oleh anak muda tercatat dalam KBBI. Salah satunya adalah "wibu", yang didefiniskan sebagai "orang yang terobsesi dengan budaya dan gaya hidup orang Jepang".

Secara etimologi, "wibu" sendiri berasal dari kata "weeaboo" yang populer lewat situs 4chan. Menurut Wiktionary, "weeaboo" ketika digunakan dalam bahasa Inggris bisa berarti (1) orang non-Jepang, terutama laki-laki kulit putih, yang terobsesi dengan budaya Jepang. Kata ini digunakan secara derogatori atau memiliki makna negatif, dan (2) orang yang terobsesi anime dan/atau manga. Kata ini digunakan secara positif sebagai istilah fandom.

Kata "weeaboo" akhirnya diadopsi ke Bahasa Indonesia menjadi "wibu", juga ke beberapa bahasa lainnya seperti "уийб" dalam Bahasa Bulgaria dan "łibus" dalam bahasa Polandia.

Diketahui KBBI melakukan pemutakhiran entri selama dua kali dalam setahun, yakni di bulan April dan Oktober. Selain kata Wibu, di bulan Oktober 2022 KBBI memasukkan kata-kata yang cukup kekinian seperti unyu, santuy, majum, pelakor, pebinor, jayus, CLBK, ambis, dan cogan. Secara keseluruhan, ada 1.244 entri baru, 1.317 makna baru, dan 292 contoh baru yang dimasukkan per Oktober 2022.



See other posts

NASA Merilis Foto Planet Uranus dengan Teleskop Webb
Ubud Is Ranked 4th In The List Of The 25 Best Cities In The World.
Nadiem Makarim Began To Open Limited Face-to-Face Learning In Universities.