Jerry West, Ikon NBA, Meninggal Dunia pada Usia 86 Tahun
June 14, 2024

Jerry West, legenda NBA, meninggal dunia pada Rabu (12/6) di usia 86 tahun. Komisaris NBA, Adam Silver mengumumkan kabar kematian tersebut di akun resmi NBA History. Hingga saat ini, penyebab kematiannya belum diumumkan. Namun, Karen, istri West, menyebut bahwa suaminya meninggal dalam keadaan damai.

Jerry West lahir pada 28 Mei 1938 di Chelyan, Virginia Barat. Ia dikenal sebagai salah satu pemain bola basket terbesar sepanjang masa. West memulai kariernya di NBA pada tahun 1960 ketika ia direkrut oleh Los Angeles Lakers.

Sebagai pemain, West adalah 14 kali NBA All-Star dan 10 kali All-NBA First Team. Ia juga memenangkan satu gelar NBA pada tahun 1972 dan dianugerahi NBA Finals MVP pada tahun 1969, meskipun timnya kalah di final tersebut. West juga dikenal sebagai “The Logo” karena siluetnya yang menjadi logo resmi NBA.

Source: X/TheDunkCentral

Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 1974, West melanjutkan karirnya sebagai pelatih dan eksekutif. Ia sukses membangun tim-tim juara sebagai General Manager Los Angeles Lakers, termasuk “Showtime Lakers” era 1980-an dan tim juara tiga kali berturut-turut di awal 2000-an. West juga berkontribusi signifikan dalam keberhasilan Memphis Grizzlies dan Golden State Warriors.

Jerry West pensiun sebagai pemain pada tahun 1974. Namun, kontribusinya terhadap NBA tidak berhenti di situ. Ia melanjutkan karirnya sebagai pelatih dan kemudian eksekutif, berperan besar dalam membangun tim-tim juara.

Jerry West telah menerima banyak penghargaan sepanjang hidupnya. Ia telah dilantik ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame sebagai pemain pada tahun 1980 dan sebagai bagian dari Tim Olimpiade AS tahun 1960. Pada tahun 2024, ia kembali dilantik sebagai kontributor, mengakui peran besarnya dalam dunia bola basket baik di dalam maupun di luar lapangan.

Kehilangan Jerry West merupakan duka besar bagi dunia olahraga, terutama bola basket, yang kehilangan salah satu figur terbesarnya. Jasa-jasanya akan terus dikenang sepanjang masa.



See other posts

Sean Gelael Has Made History In The FIA World Endurance Championship 24 hours of Le Mans.
Ahmad Dhani Umumkan Mundur Dari T.R.I.A.D, Akan Gelar Audisi Pengganti
Daftar Film yang akan Tayang di Akhir 2023