‘Inside Out 2’ Jadi Film 2024 Terlaris Dalam Dua Pekan, Pecah Berbagai Rekor Box Office
June 25, 2024

Setelah beberapa tahun terakhir mengalami kegagalan finansial dengan film-filmnya, Pixar akhirnya kembali merajai tangga box office melalui film animasi terbarunya, Inside Out 2.

Dilansir dari Variety, hanya dalam dua pekan semenjak perilisannya pada Jumat, 14 Juni, Inside Out 2 sukses meraup US$724 Juta atau kurang lebih Rp11,8 Triliun dari perolehan global. Film ini sukses menggeser Dune: Part Two yang sebelumnya menduduki puncak box office dengan total perolehan global US$711 Juta sepanjang masa penayangannya.

Tidak berhenti di situ, Inside Out 2 berhasil mematahkan sejumlah rekor box office lainnya dan melampaui ekspektasi studio beserta pakar-pakar box office. 

Beberapa di antaranya yaitu film dengan opening weekend terbesar pada 2024, opening weekend kedua terbesar dalam sejarah Pixar di belakang Incredibles 2, film pertama dengan opening weekend yang tembus US$100 juta sejak Barbie tahun lalu, dan film animasi dengan second weekend terbaik sepanjang masa dengan perolehan tambahan sebanyak US$100 juta.

Inside Out 2 diproyeksikan akan tembus US$1 Miliar dalam beberapa pekan ke depan dan siap bergabung dalam daftar Top 5 film Pixar terlaris sepanjang masa, menyusul Incredibles 2, Toy Story 4, Toy Story 3, dan Finding Dory yang semuanya telah meraup miliaran dolar.

Walau diproyeksikan hanya akan meraup antara 80-90 juta dolar saat opening weekend, Inside Out 2 sukses melampaui jauh ekspektasi tersebut dan menjadi surprise hit terbesar pada 2024. Alhasil, keberhasilan film ini hadir sebagai udara segar bagi Pixar yang selama beberapa tahun terakhir mengalami performa yang kurang baik di box office melalui film-film barunya seperti Turning Red, Luca, dan Elementals

Via Disney/Pixar

Inside Out 2 sendiri merupakan sekuel dari film Inside Out pertama yang dirilis pada 2015. Film ini melanjutkan kisah perempuan muda bernama Riley Andersen yang kini sudah berusia 13 tahun dan memasuki masa-masa puber. 

Kelima bentuk emosi di dalam kepalanya, Joy (Riang), Sadness (Sedih), Anger (Marah), Disgust (Jijik), dan Fear (Takut), harus kerja sama menghadapi kemunculan empat emosi baru yang siap menguji masa remaja Riley. Mereka adalah Anxiety (Cemas), Envy (Iri/Pengin), Embarassment (Malu), dan Ennui (Bosan).

Sejauh ini, Inside Out 2 sukses mencuri perhatian jutaan penonton serta kritikus yang membanjiri film ini dengan pujian-pujian. Banyak dari mereka yang memusatkan pujian tersebut terhadap cerita, penampilan aktor, visual, dan pesan-pesan relatable yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak serta kesehatan mental masyarakat.

Via Disney/Pixar


See other posts

ELON MUSK MULAI REKRUT RELAWAN MANUSIA UNTUK UJI COBA PROYEK CHIP OTAK
11 Police Officers Arrested for Selling Methamphetamine to Drug Dealers.
Film Siksa Neraka Terkena Ban di Malaysia dan Brunei Darussalam