INDONESIA PECAHKAN REKOR PAGELARAN ANGKLUNG TERBESAR SEPANJANG MASA
August 7, 2023

Sebanyak 15.100 orang berpartisipasi pada pertunjukan akbar untuk pemecahan rekor Guinness dalam kategori pagelaran angklung terbesar di dunia. Acara ini juga diadakan dalam rangka merayakan bulan kemerdekaan Indonesia. Acara yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Sabtu (5/8) malam ini dihadiri oleh ribuan orang termasuk Presiden Joko Widodo dan wakilnya, Ma’ruf Amin.

Acara ini dipimpin oleh Saung Angklung Udjo dari Bandung. Mereka memainkan sejumlah lagu nasional dan mancanegara seperti “Berkibarlah Benderaku” ciptaan Ibu Sud dan “The Winds of Change” oleh Scorpions. Dikutip dari unggahan Presiden Joko Widodo di Instagram pada Minggu (6/8), para pemain angklung datang dari berbagai latar belakang, seperti anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), pegawai negeri sipil, TNI-Polri, organisasi perempuan, pelajar, dan masih banyak lainnya. Ibu negara Iriana serta beberapa istri pejabat negara lainnya juga ikut tampil memainkan angklung dalam pagelaran tersebut.

Pagelaran ini dihadiri oleh seorang perwakilan dari Guinness World Records, Sonia Ushirogochi, yang mengawasi jalannya acara sekaligus memberikan pidato singkat sebelum acara dimulai. Pada akhirnya, acara ini berhasil memecahkan rekor pagelaran angklung terbesar di dunia yang sebelumnya dicetak pada 9 Juli 2011 di Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat yang melibatkan 5.812 pemain. 

Dikutip dari Antara News, persiapan acara ini telah dimulai sejak Oktober 2022 dengan dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Direktur film, musik dan media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo untuk mempersiapkan konsep musik dan melaksanakan pelatihan bagi para pemain. Sebanyak 20.060 unit angklung didistribusikan kepada 381 grup pemain yang berisi 40 anggota dalam tiap grupnya.



See other posts

Streamer Perrikaryal Gunakan Kekuatan Pikiran untuk Bermain Elden Ring dan Minecraft Tanpa Menggunakan Tangan
SEORANG PRIA AMERIKA HABISKAN +-Rp30 MILIAR PER TAHUN UNTUK STOP PENUAAN
Behind Indonesia One Presidential plane’s Repainting Controversy.