HOAX: Swedia Tidak Akan Selenggarakan Kompetisi Seks
June 14, 2023

Pada awal bulan Juni internet dihebohkan berbagai berita viral yang menyatakan bahwa Swedia mengakui seks sebagai salah satu cabang olahraga dan akan menggelar kompetisinya. Akan tetapi, belakangan diketahui bahwa berita tersebut adalah hoaks.

Berita-berita palsu yang akhirnya viral tersebut pertama-tamanya diterbitkan oleh kantor berita seperti Times of India, CNBC TV18, India Today, Marca, Greek City Times, The Beacon Herald (Kanada), IOL (Afrika Selatan), Pulse Nigeria, RTL (Jerman), dan MMnews (Pakistan).

Judul-judul yang ditampilkan dalam artikel-artikel tersebut antara lain "Swedia Akan Selenggarakan Kompetisi Seks Pertama di Dunia" dan "Swedia Resmi Umumkan Seks sebagai Cabang Olahraga". Berita-berita tersebut juga menyebutkan bahwa kompetisi ini meliputi berbagai kategori seperti "seks oral". Beberapa berita menyebutkan organisasi bernama Swedish Sex Federation sebagai asosiasi dan penyelenggara kompetisi seks yang resmi. Bahkan, beberapa artikel memberi detail aturan kompetisi.

Berita-berita yang mengandung misinformasi tersebut menarik perhatian banyak orang dan akhirnya disadur oleh banyak kantor berita serta unggahan sosial media lainnya. Menanggapi hal ini, sejumlah kantor pemeriksa fakta menginvestigasinya dan akhirnya menemukan bahwa berita tersebut adalah hoaks. Kantor-kantor pemeriksa fakta tersebut antara lain Reuters, Snopes, Mashable, The Quint, The Local, Deutsche Welle, Hindustan Times, dan lain-lain. Berbagai situs yang menerbitkan berita tersebut satu per satu mulai memperbaiki judul beritanya atau menghapusnya sama sekali.



See other posts

Facebook Knows That Instagram Could Be Bad For Users’ Mental Health.
The Word “Oppa” Now Can be Found in KBBI
Baim Wong Tuai Kontroversi usai Kontennya Dianggap ‘Jual’ Kemiskinan