Connect with us

Hi, what are you looking for?

Music

Hindia Rilis Single “Janji Palsu” Menjelang Album Kedua

Sebagai pemanasan sebelum merilis album keduanya, Hindia merilis single “Janji Palsu” pada 3 Maret 2022. “Janji Palsu” diambil dari album Lagipula Hidup akan Berakhir yang akan dirilis oleh record label-nya, Sun Eater, pada Juli 2023.

Menurut rilis yang diterima Volix, Baskara Putra, musisi di balik Hindia, kembali menuangkan emosi dan kehidupan pribadinya lewat album baru ini. “Janji Palsu” dipilih sebagai single pertama yang akan memperkenalkan album ini ke pendengar karena single ini dianggap mampu merangkum isi album tersebut secara keseluruhan.

“Di satu sisi, ada semacam keputusasaan yang gue atau orang-orang seumuran gue rasakan sekarang dalam menjalani kehidupan, dengan berbagai hal yang bikin apa yang sedang kami lakukan ini rasanya fana saja,” ujar Baskara. “Di sisi lain, lagu ini juga berbicara tentang tekanan yang gue dapat beberapa tahun ke belakang sebagai ‘musisi’. Diserang, ditekan publik, bahkan kadang-kadang dibuat-buat. Selain itu, apa yang gue rasa dan bicarakan dengan sepenuh hati, kayak kestabilan batin, lama-lama dikomodifikasi dan dijadikan konten. Jadi lagu ini lumayan representatif untuk menjadi benang merah album ini dan menggambarkan kenapa album ini ada serta apa yang gue rasakan sampai bikin album ini.”

Lagipula Hidup akan Berakhir akan dirilis dalam dua tahap pada 7 dan 21 Juli 2023. Di album ini ia bekerja sama dengan Enrico Octaviano (Lomba Sihir) dan Kareem Soenharjo (BAP) sebagai produser. Ia juga bekerja sama dengan sahabat-sahabatnya seperti gitaris Rayhan Noor dan Petra Sihombing, pengarah vokal dan pengisi latar Gamaliel Tapiheru, juga pemain bass Adrian Mahendra yang kebetulan adalah kakak kandung Baskara.

Baskara Putra, yang namanya melambung lewat kerja-kerjanya sebagai vokalis band rock .Feast, makin memapankan diri pada industri musik tanah air sebagai solois dengan moniker Hindia sejak merilis Menari dengan Bayangan di tahun 2019. Lagu-lagunya “Evaluasi”, “Secukupnya” dan “Rumah ke Rumah” diputar lebih dari 100 juta kali di spotify, serta meraih penghargaan musik tertinggi di Indonesia, AMI Awards.

Dengan kesuksesan album debutnya, Baskara merasakan tekanan ekspektasi pada album sofomornya ini.

“Melihat kesuksesan album pertama, gue bohong kalau bilang enggak takut. Cuma, gue selalu mengibaratkan album gue itu kayak anak, dan anak itu pasti rezekinya beda-beda,” kata Hindia. “Single dan album ini tujuan utamanya untuk kesenangan dan kebutuhan diri gue, dan album pertama juga gue ciptakan dengan motivasi yang sama. […] Semoga ‘Janji Palsu’ juga ada manfaatnya buat orang nanti di saat mereka mendengar.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read