Entertainment
Hammersonic 2023 Hadirkan Berbagai Aliran Musik Keras dari Banyak Negara
March 20, 2023

Gelaran musik keras Hammersonic 2023 telah sukses diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara pada 18 dan 19 Maret 2023. Para metalheads disuguhi pertunjukkan dari sejumlah band cadas dari berbagai negara sepanjang akhir pekan.

Hari pertama Hammersonic 2023 penonton menikmati penampilan dari berbagai band seperti Pure Wrath dari Jawa Tengah, Thy Regiment dari Kuala Lumpur, Malaysia, dan Dads in the Park dari Bangladesh. Selain itu, penonton juga disuguhi stand up comedy dan diskusi dari Hammersonic Talks.

Malam itu dilanjutkan dengan signing session di mana band Black Metal asal Swedia, Watain, menandatangani merch dan sampul piringan hitam yang dibawa oleh para penggemarnya. Kemudian, malam pertama Hammersonic 2023 diakhiri dengan penampilan 4 band lokal ternama: Saint Loco, Stereo Wall, Rocket Rockers, dan Burgerkill.

Di hari kedua, penonton yang datang terlihat jauh lebih banyak dari hari kedua. Terpantau ada banyak penonton berdandan ala Slipknot lengkap dengan wearpack dan bahkan beberapa mengenakan topeng.

Siang itu penonton memadati panggung Empire, panggung terbesar Hammersonic, di mana legenda emo 2000an, Story of the Year membawakan lagu-lagu terbaik mereka seperti "Anthem of Our Dying Day" dan "Until the Day I Die". Menjelang sore, band Black Metal asal Polandia, Batushka, memulai penampilan mereka di panggung Hammer, lengkap dengan peralatan dan kostum ritual yang membuat penampilan mereka amat teatrikal.

Band melodic death metal asal Swedia, Amon Amarth, memanaskan panggung Empire, dilanjutkan dengan band heavy metal Amerika Trivium. Matt Heafy dari Trivium berkali-kali memuji sambutan hangat Indonesia untuk mereka dan berjanji akan segera kembali lagi. Ia bahkan mengenakan batik dan kemudian berganti ke jersey PSSI untuk menunjukkan kecintaannya pada Indonesia.

Sementara itu, Watain memuaskan kerinduan para penggemarnya di tanah air dengan penampilan teatrikal dan all-out di Hammer Stage. Penampilan Watain langsung disambung oleh legenda punk Black Flag di panggung Sonic.

Slipknot Bayar Lunas Kerinduan Penonton

Sebagai penampilan pungkasan, Slipknot memberikan 90 menit pertunjukan di panggung raksasa Empire. Ribuan penonton memadati area mosh-pit yang panas dan liar sementara Slipknot memainkan lagu-lagu terbaik mereka seperti "Wait and Bleed", "Psychosocial", dan "Duality" serta lagu-lagu baru mereka seperti "The Dying Song” dan “Unsainted".

Vokalis Slipknot, Corey Taylor, berkali-kali menyatakan bahwa penonton Indonesia adalah yang terbaik, dan menyebut mereka sebagai "Keluargaku".

"Ini adalah salah satu malam terpenting dalam karir Slipknot," ujarnya. "Kami menunggu terlalu lama untuk akhirnya berada di Indonesia."

Hammersonic 2023 digelar setelah sebelumnya ditunda berkali-kali akibat pandemi COVID-19. Hammersonic berhasil mempertahankan hampir semua penampil utama mereka yang telah diumumkan di tahun 2019, kecuali Saosin yang membatalkan seluruh tour Asia-nya beberapa hari sebelum Hammersonic digelar.



See other posts

Jokowi Has Filed An Appeal Against The Decision Of The Central Jakarta District Court Regarding Air Pollution In Jakarta.
Tiga Lagu Terbanyak Didengarkan Di Spotify Indonesia Adalah Lagu Mellow.
Lima Menu Yang Harus Dicicipi di August