Hal-hal Menarik Tentang The Crown yang akan Tayang Akhir Tahun Ini
October 10, 2023

Season 6 yang akan menjadi musim terakhir serial Netflix populer The Crown akan tayang akhir tahun ini. Platform layanan streaming Netflix mengumumkan pada Senin (9/10) bahwa Season 6 akan terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama akan tayang pada 16 November 2023, dan bagian terakhir akan tayang sebulan kemudian pada 14 Desember 2023.

Serial drama yang berkisah seputar keluarga kerajaan Inggris dari wangsa Windsor ini adalah salah satu serial terpopuler di Netflix. Kritikus memuji kemampuan akting para pemeran, rancangan produksi, serta pemilihan busana dan tata rias yang membuat para pemeran menjadi benar-benar mirip anggota keluarga kerajaan yang mereka perankan. Untuk kebrilianannya, para aktor dan kru diganjar banyak penghargaan bergengsi termasuk piala Emmy.

Di bawah ini adalah hal-hal menarik seputar serial The Crown.

Fokus pada Masa Ratu Elizabeth II Bertahta

The Crown adalah seri drama televisi yang berfokus pada tahta Ratu Elizabeth II. Ketika tayang perdana di tahun 2016, serial ini memulai ceritanya pada saat Elizabeth, yang saat itu masih bergelar seorang Putri, mewarisi tahta di usia 26 tahun setelah ayahnya, Raja George, meninggal.

Kreator dan penulis serial ini, Peter Morgan, mengembangkannya dari film The Queen (2006), di mana ia berperan sebagai penulis naskah. Telah ada tiga pemeran Ratu Elizabeth di The Crown yang memerankan sang ratu dalam tiga rentang usia yang berbeda. Claire Foy memerankan Ratu Elizabeth dari era 1940 an hingga 1960an. Olivia Colman mengambil alih untuk memerankan Ratu Elizabeth dari era akhir 1960an hingga tahun 1980an. Aktris gaek Imelda Staunton memerankan Ratu Elizabeth di Season 5 dan 6 yang menggambarkan drama keluarga ini di tahun 1990an.

Menghadirkan Kompleksitas Karakter Putri Diana

Kisah Putri Diana memang menjadi salah satu magnet popularitas serial ini. Di dunia nyata, Putri Diana kerap disorot media karena kisahnya sebagai istri pertama Pangeran Charles yang terkhianati perselingkuhan suaminya. Ia juga populer di mata rakyat, namun mengaku mendapat perundungan di dalam istana. Kisah kematiannya yang tragis juga makin membuat publik penasaran akan dramatisasi kisahnya di layar kaca.

Peran Putri Diana muda dimainkan dengan apik oleh pemeran muda Emma Corrin. Untuk perannya sebagai Putri Diana, ia memenangkan piala Golden Globe dan mendapatkan nominasi Primetime Emmy Award. Peran itu kemudian diambil alih oleh model dan aktris Elizabeth Debicki, yang memainkan kisah romansa Putri Diana pasca bercerai dengan Pangeran Charles, hingga akhirnya tewas dalam kecelakaan mobil dengan kekasihnya Dodi Al-Fayed.

Menampilkan Berbagai Perdana Menteri Inggris dari Berbagai Era

Ratu Elizabeth II adalah salah satu penguasa yang paling lama bertahta di dunia. Sepanjang tahtanya, ia memiliki 15 perdana menteri Inggris. The Crown menampilkan beberapa perdana menterinya yang paling terkenal seperti Winston Churchill, Margaret Thatcher, dan Tony Blair. Gillian Anderson, yang tadinya lebih dikenal sebagai pemeran di serial X Files dan Sex Education, mendapatkan banyak pujian untuk aktingnya sebagai Margaret Thatcher. Ia mendapatkan nominasi dan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Golden Globe, Primetime Emmy Awards, Screen Actors Guild Awards, dan Critics' Choice Television Awards.

Lebih Banyak Drama di Season 6

Season terakhir The Crown akan lebih dekat dengan masa kini, membuat banyak penonton muda lebih merasa relate dengan kisah yang diangkat.

Season ini akan mengisahkan kematian tragis Putri Diana di tahun 1997, perkawinan antara Pangeran Charles dengan kekasih sejatinya, Camilla Parker Bowles di tahun 2005, dan pertemuan pertama antara Pangeran William dengan calon istrinya, Catherine Middleton ketika mereka masih sama-sama menjadi mahasiswa di tahun 2000an.

Walau terinspirasi dari kisah sejarah yang benar-benar terjadi, banyak kritikus yang mengatakan bahwa banyak distorsi dari kenyataan. Akan tetapi para kreator The Crown mengatakan mereka tidak pernah mengklaim menjadi sumber pelajaran sejarah, melainkan drama televisi berdasarkan kejadian-kejadian historis.

All pictures are taken from Netflix's Official YouTube Channel.



See other posts

Money Can Buy Happiness, According To Several Studies.
KPI Finally Asked All TVs Not To Glorify Saipul Jamil’s Release.
Mahkamah Konstitusi Menolak Uji Materi untuk Legalkan Ganja Medis