Connect with us

Hi, what are you looking for?

Entertainment

Google Indonesia Umumkan Hal-hal Paling Banyak Dicari dalam “Year in Search 2023”

Menyambut penghujung tahun 2023, Google Indonesia kembali menggelar acara tahunan “Year In Search” yang menjabarkan hal-hal paling banyak dicari pengguna internet Indonesia di mesin pencari Google di 2023. Acara yang berlangsung di Gedung Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini diselenggarakan pada Senin (19/12).

Dalam kesempatan itu, Google mengumumkan kata kunci yang paling banyak dicari selama setahun terakhir dalam kategori tokoh publik, tayangan sinema, resep masakan, dan peristiwa. Uniknya, berbagai kata kunci yang menjadi populer tahun ini disajikan dalam bentuk drama musikal yang dipertunjukkan dalam kesempatan tersebut.

“Hasil tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal,” ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia, dalam sambutannya. “Mari luangkan waktu sejenak untuk melihat ke belakang, merenungkan, dan merayakan momen yang telah terjadi dan bersama-sama tumbuh untuk melangkah lebih jauh lagi.”

Di bawah ini adalah hal-hal yang paling banyak dicari tahu oleh pengguna internet Indonesia di tahun 2023:

Makanan dan Olahraga yang Menjadi Trend

Setelah gelombang pandemi COVID-19 berakhir dan berubah menjadi endemi yang diterima sebagai penyakit baru di masyarakat, kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan meningkat. Menurut hasil Year in Search 2023, “pound fit”, “crossfit”, “matras apa yang cocok buat olahraga yoga” dan “apa itu ISPA” menjadi topik yang kerap dieksplor.

Di sisi lain, makanan juga masih menjadi topik yang selalu hangat dicari. “Resep mochi bites”, “resep odeng” dan “resep puding lumut gula merah” menjadi kata kunci yang banyak dicari. Akan tetapi, juara di bidang makanan adalah “resep seblak Rafael” yang dipopulerkan oleh penyanyi dan konten kreator Rafael Tan. Gaya makannya yang nikmat dan lucu, aksen Sundanya yang kental, serta sapaannya yang khas membuat Rafael menjadi kegemaran para “tatangga” yang mengikutinya.

Musik dan Sinema

Data menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia meningkatkan minatnya terhadap karya-karya seniman lokal. Di bidang hiburan, serial “Gadis Kretek” menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari. Selain itu ada “Petualangan Sherina”, “lirik mengenang bintang”, “Induk Gajah”, dan “Budi Pekerti”. Di bidang musik, IDGITAF dan Putri Ariani menjadi dua musisi yang paling banyak dikulik oleh warganet. Tessa Mariska yang memparodikan lagu Putri Ariani juga turut terdongkrak popularitasnya.

Selain itu, masyarakat Indonesia dinilai makin kritis dalam meneliti latar belakang konten yang mereka konsumsi dan melacak profil sosok yang berperan dalam karya tersebut. Penelusuran dengan kata kunci “Nadia Omara”, “Putri Ariani”, “Karni Ilyas” dan “Otto Hasibuan” merupakan salah satu dari pencarian terpopuler untuk kategori Siapa. 

Peristiwa

Hasil Year in Search 2023 menunjukkan kilas balik berbagai peristiwa nasional yang menjadi berita di Indonesia. Negara ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan beberapa perhelatan internasional pada tahun 2023, di antaranya KTT Asean 2023 dan Piala Dunia U-17, menunjukkan taring kita di kancah internasional. Pencarian seputar “jadwal Piala Dunia U-17”, “Timnas Indonesia” dan “Apa itu KTT Asean” menjadi topik yang banyak diminati  masyarakat dalam upaya mendukung suksesnya beragam acara ini. Selain itu, konser akbar Coldplay pada November 2023 juga mendorong trendingnya kata kunci “Coldplay Jakarta”.

Cuaks, Pick Me, Catcalling, dan Skena

Setiap tahun, masyarakat pasti mendapatkan kosa kata baru yang sering diperbincangkan dan mendapatkan perhatian lebih. Tahun ini, nampaknya banyak masyarakat yang penasaran dengan arti “catcalling”. Disinyalir, meningkatnya minat terhadap kedua kata ini dipicu dengan makin populernya kesadaran atas pencegahan pelecehan dan kekerasan seksual. Selain itu, kata-kata yang sering diucapkan anak muda dalam pergaulan seperti “skena”, “cuaks”, dan “pick me” juga banyak dicari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read