Film “Road House” Sajikan Aksi Adu Jotos Brutal Antara Jake Gyllenhaal dan Conor McGregor
April 4, 2024

Hollywood melanjutkan tren membuat remake film-film klasik dengan karya terbaru garapan sutradara Doug Liman yaitu Road House.

Road House merupakan sebuah remake dari film action klasik dari tahun 1989 arahan sutradara Rowdy Herrington dengan nama yang sama. Film tersebut dibintangi oleh aktor ternama di era tersebut, mendiang Patrick Swayze, yang membantu mengangkat nama Road House ke status cult classic di kalangan para penggemar film.

Kali ini, Doug Liman memiliki ide untuk menggarap remake film Road House melalui lensa yang lebih modern dan sesuai dengan zamannya. Liman sudah tidak asing lagi dengan penggarapan proyek-proyek bergenre action. Namanya dilambungkan berkat karya-karyanya yang penuh suguhan aksi seperti The Bourne Identity, Mr. and Mrs. Smith, Edge of Tomorrow, dan American Made. Kini, ia kembali mengandalkan kepiawaiannya dalam mengarahkan aksi bernuansa realistis untuk menggarap Road House.

Liman bekerja sama dengan MGM serta Prime Video untuk mengangkat kisah Road House versinya. Ia mendapatkan bantuan dari aktor kawakan serta kawan lamanya, Jake Gyllenhaal, sebagai pemeran utama dengan harapan Jake dapat mengikuti jejak Patrick Swayze serta memberi sentuhan pribadi unik miliknya kepada peran tersebut.

Tokoh Utama Penuh Misteri

Courtesy of Prime Video

Dalam Road House versi Liman, Gyllenhaal dipercaya untuk memerankan Elwood Dalton, seorang mantan bintang UFC yang menerima pekerjaan sebagai seorang penjaga di sebuah bar/roadhouse di kawasan Glass Key, Florida. Di sana, ia terlibat dalam rangkaian kejadian kacau balau yang menguji kesabarannya sambil berusaha untuk melarikan diri dari masa lalu kelamnya.

Demi menyiapkan diri untuk peran Dalton, Gyllenhaal melalui berbagai latihan fisik keras demi dapat menjiwai karakter petarung UFC berpengalaman. Dirinya bahkan sampai terlibat dalam acara UFC 285 di T-Mobile Arena, Las Vegas pada Sabtu, 4 Maret 2023 dalam sebuah skenario karangan yang dirancang oleh para kru film. 

Di sana, ia mengambil gambar sambil memerankan karakternya berhadapan dengan petarung UFC Jay Hieron yang memainkan tokoh Jack Harris dalam film tersebut. Pertandingannya disaksikan oleh ratusan penonton yang membantu meramaikan suasana seakan-akan hal tersebut merupakan acara sungguhan. Ini semua dilakukan Liman dan semua kru film untuk memberi pengalaman ajang UFC yang terkesan otentik dan real. Hasil pengambilan gambar tersebut dapat disaksikan dalam film.

Debut Akting McGregor

Courtesy of Prime Video

Jay Hieron bukanlah satu-satunya petarung UFC sungguhan yang ikut terlibat dalam penggarapan film. Salah satu mantan bintang UFC terpopuler sepanjang masa, Conor McGregor, juga bergabung dalam proyek ini sebagai salah satu tokoh pendukung. Ini juga merupakan debut akting McGregor dan menjadi salah satu hal yang paling disorot dalam film ini. 

McGregor memerankan karakter Knox, seorang tukang pukul yang disewa untuk menjadi mimpi buruk Dalton beserta roadhouse yang ia jaga. Mengenai alasan di balik dipilihnya ia sebagai pemeran Knox, Liman mengatakan bahwa ia tidak memilih McGregor hanya karena keunggulan fisiknya namun juga karena sifat dan karakteristiknya di dunia asli yang sesuai dengan visinya saat menciptakan Knox. 

McGregor mengatakan bahwa dirinya merasa terhormat dapat bermain peran bersama aktor setaraf Jake Gyllenhaal dalam film ini. Ia sudah lama menggemari karya-karya Jake dan memiliki rasa hormat terhadap dirinya. Begitu pula dengan Jake yang mengambil kesempatan tersebut untuk belajar bela diri dari seseorang yang memiliki pengalaman lebih luas seperti McGregor. Menurutnya, belajar dari seseorang yang lebih berpengalaman merupakan hal yang begitu istimewa apalagi jika dapat membantunya berkembang lebih lanjut sebagai seorang aktor.

Adu Jotos Intens

Courtesy of Prime Video

Salah satu adegan paling disorot dalam film ini yaitu pertarungan penuh aksi adu jotos  antara Dalton dan Knox sepanjang paruh kedua film. Gyllenhaal bekerja sama dengan McGregor beserta para koordinator stunt dalam film ini untuk membawakan aksi yang terkesan nyata dan tidak seolah-olah mereka sedang bertarung di atas ring UFC. Ratusan video bertarung disaksikan oleh Gyllenhaal saat persiapan peran untuk benar-benar merasakan bagaimana sensasi menerima pukulan di dunia nyata agar bebannya dapat digambarkan secara tepat di film. 

Tantangan besar para kru film yaitu menciptakan adegan perkelahian yang tidak biasa saja namun tetap terkesan realistis. Untuk itu, Liman bekerja sama dengan Garret Warren selaku sutradara unit kedua/koordinator pemeran pengganti dan Steve Brown sebagai koordinator pertarungan untuk menciptakan cara baru untuk syuting adegan perkelahian. 

Mereka bersama mengembangkan teknik multi-pass yang baru dan jarang ditemukan di film lainnya. Teknik ini meliputi empat rangkaian pengambilan gambar yaitu teknik A-B-C-D. Empat gambar yang diambil secara terpisah digabungkan menjadi satu untuk menciptakan visual perkelahian yang memberi sensasi berbeda dan lebih terasa up close and personal.

Bincang-Bincang dengan Daniela Melchior

Courtesy of Prime Video

Selebihnya, pengalaman akting bersama Gyllenhaal dan McGregor juga dibagikan oleh aktris Daniela Melchior yang berperan sebagai Ellie dalam film ini. Dirinya merupakan seorang suster yang berkenalan dengan Dalton di satu malam dan akhirnya menjalin hubungan romantis dengannya selama jalannya cerita.

Volix beruntung dapat diberi kesempatan oleh Prime Video untuk mewawancarai Melchior pada Rabu, 13 Maret 2023. Dalam sesi bincang-bincang tersebut, ia membagikan kesannya dapat berbagi layar dengan Gyllenhaal dan menyaksikan debut akting McGregor secara langsung.

@volix.media

Volix berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan aktris Daniela Melchior (“The Suicide Squad,” “Fast X,” “Guardians of the Galaxy Vol.3”), bintang film Prime Video terbaru “Road House.” Melchior menceritakan tentang pengalamannya syuting film ini bersama aktor kawakan Jake Gyllenhaal dan Conor McGregor dalam debut aktingnya. Road House bercerita tentang seorang mantan bintang UFC, Elwood Dalton (Gyllenhaal), yang menerima tawaran pekerjaan sebagai penjaga di sebuah bar/roadhouse di Florida. Di sana, ia terlibat dalam rentetan peristiwa yang tidak pernah ia harapkan sambil mencoba untuk melarikan diri dari masa lalu kelamnya. Road House disutradarai oleh Doug Liman dan menghadirkan Jake Gyllenhaal, Daniela Melchior, Billy Magnussen, Jessica Williams, Post Malone, dan Conor McGregor. Road House sudah tayang hanya di Prime Video. #VOLIX #RoadHouseonPrime [Courtesy of @primevideoid]

♬ original sound - VOLIX - VOLIX

Melchior sangat berterima kasih dapat beradu akting dengan Gyllenhaal yang sekaligus memberinya kesempatan untuk belajar darinya sebagai aktor yang memiliki pengalaman lebih luas di Hollywood. Ia juga merasa bahwa menyaksikan seseorang seperti McGregor berakting untuk pertama kalinya secara langsung adalah hal yang sangat istimewa.

Melchior sendiri sudah berpengalaman dalam bidang akting terutama di kampung halamannya di Portugal. Sementara itu, kiprahnya di Hollywood baru saja dimulai melalui film The Suicide Squad garapan sutradara James Gunn yang dirilis pada 2021. Semenjak itu, ia telah terlibat dalam proyek-proyek besar lainnya seperti Fast X dan Guardians of the Galaxy Vol.3.

Selama jalannya proses syuting Road House di kawasan Republik Dominika, Melchior menjalankan pelatihan mengemudi speedboat, scuba diving, serta berbicara dalam aksen Amerika. Ia juga banyak belajar dari Gyllenhaal sebagai seseorang yang jauh lebih berpengalaman darinya dalam hal akting maupun berkiprah di Hollywood.

Sejak awal penggarapannya, Doug Liman telah membayangkan Road House versi miliknya sebagai sesuatu yang dapat dinikmati oleh banyak penonton sekaligus sebagai sebuah remake yang menghormati karya orisinal buatan Rowdy Herrington. Hal tersebut tak mungkin ia capai tanpa bantuan kru film bertalenta yang menemaninya sepanjang jalan, termasuk para bintang yang menjiwai karakternya masing-masing dengan sepenuh hati. Pada akhirnya, Road House dapat menjadi pengalaman yang seru dan intens bagi semua penikmat film action.

Road House sudah tayang hanya di Prime Video.



See other posts

Taylor Swift dan Lana del Rey Rilis Ulang “Snow on the Beach”
Jaksa Penuntut Diperbolehkan Menggunakan Lirik Lagu Rap sebagai Bukti Persidangan Kasus Young Thug
Salt Bae Sparked Debate for Selling a Steak for up to Rp 12 Million.