FILM BARBIE DILARANG TAYANG DI VIETNAM KARENA ALASAN POLITIS
July 4, 2023

Film Barbie besutan sutradara Greta Gerwig merupakan salah satu film yang paling ditunggu di 2023. Namun, ada satu negara yang tidak akan menayangkan film tersebut walaupun sudah memiliki jadwal perilisan, yaitu Vietnam.

Vietnam awalnya menjadwalkan perilisan film Barbie pada tanggal 21 Juli 2023. Namun, film tersebut ternyata memiliki “adegan kontroversial” berupa ilustrasi peta wilayah Vietnam di Laut China Selatan yang diklaim China secara sepihak.

Wilayah tersebut merupakan sembilan garis putus-putus berbentuk U yang digunakan dalam peta China untuk menandakan wilayah klaimnya. Diketahui bahwa Vietnam masih menganggap wilayah tersebut sebagai bagian dari kawasan batas landas kontinennya dan bukanlah bagian dari China. Vietnam pun dikabarkan memiliki konsesi minyak di wilayah tersebut.

"Kami tidak memberikan lisensi film Barbie untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar yang menyinggung dari sembilan garis putus-putus," sebut Kepala Departemen Sinema Vietnam, Vi Kiến Thành. Departemen Sinema sendiri merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk perihal pemberian sensor dan lisensi dari film-film asing di Vietnam.

Hingga saat ini, pihak Warner Bros. belum memberi komentar mengenai pembatalan perilisan film Barbie di Vietnam. Sebagai informasi, pada 2019, film animasi Dreamworks berjudul Abominable juga pernah ditarik izin rilisnya di Vietnam karena alasan yang sama dengan Barbie.

Barbie disutradarai oleh Greta Gerwig dan merupakan proyek adaptasi lini mainan anak populer oleh perusahaan Mattel. Film ini akan menampilkan Margot Robbie sebagai boneka Barbie dan Ryan Gosling sebagai boneka Ken. Barbie dijadwalkan tayang di bioskop seluruh dunia pada 21 Juli 2023.



See other posts

Rayan, Bocah 5 Tahun Di Maroko Yang 4 Hari Terjebak Di Sumur Meninggal Dunia.
Keturunan Napoleon Bonaparte Lontarkan Kritik Terhadap Film Terbaru Mengenai Dirinya
Di Balik Layar Keseruan “Lift,” Film Action/Heist Netflix Terbaru yang Dibintangi Kevin Hart