Dieng Culture Festival 2024: Menghidupkan Tradisi dan Budaya
June 15, 2024

Dieng Culture Festival (DCF) dimulai pada tahun 2010 oleh komunitas lokal Dieng Pandawa di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Tujuan utama dari festival ini adalah untuk mempromosikan kekayaan budaya dan tradisi Dieng serta menarik wisatawan ke dataran tinggi yang terkenal dengan pemandangan alam dan situs-situs bersejarahnya.

Fakta Unik tentang Dieng Festival

Ritual Cukur Rambut Gimbal: Upacara yang dilakukan untuk anak-anak berambut gimbal yang dianggap istimewa di masyarakat Dieng. Ritual ini sarat dengan makna spiritual dan budaya.

Jazz Atas Awan: Pertunjukan musik jazz yang berlangsung di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, memberikan pengalaman mendengarkan musik yang unik dan magis.

Pesta Lampion: Acara penerbangan ribuan lampion ke langit malam, menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan penuh harapan, menjadi salah satu momen yang paling dinantikan dalam festival ini.

Tujuan utama dari Dieng Culture Festival adalah untuk melestarikan dan mempromosikan budaya lokal serta meningkatkan pariwisata di kawasan Dieng. Festival ini memberikan kesempatan bagi masyarakat lokal untuk menunjukkan kekayaan budaya mereka kepada dunia, sekaligus mendorong ekonomi lokal melalui kedatangan wisatawan.

Source: Instagram/festival_dieng

Setiap tahunnya, Dieng Culture Festival menghadirkan sejumlah artis terkenal untuk meramaikan acara. Pada tahun ini, beberapa artis yang sudah dipastikan akan tampil, seperti Tompi yang mana penampilannya sebagai musisi Jazz selalu dinantikan di acara Jazz Atas Awan. Lalu, ada Letto, Band pop rock Indonesia yang akan memberikan warna musik yang berbeda. Serta kehadiran dari Endah N Rhesa, duo akustik yang akan memberikan penampilan intim dan penuh makna.

Festival ini tidak hanya menawarkan hiburan musik, tetapi juga berbagai kegiatan budaya dan pameran seni yang membuatnya menjadi salah satu acara yang paling dinantikan di Indonesia. Dengan atmosfer yang magis dan kegiatan yang beragam, Dieng Culture Festival 2024 menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Dieng Culture Festival 2024 akan diadakan pada bulan Agustus di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Tiket untuk festival ini dapat dibeli secara online melalui situs resmi Dieng Culture Festival. Informasi mengenai harga tiket dan paket acara biasanya diumumkan beberapa bulan sebelum festival dimulai.



See other posts

INDONESIA GANDENG EMPAT NEGARA LAIN UNTUK DAFTARKAN KEBAYA KE UNESCO
ELON MUSK MULAI REKRUT RELAWAN MANUSIA UNTUK UJI COBA PROYEK CHIP OTAK
Label Rekaman Berupaya Cegah Musisi Merekam Kembali Lagu Mereka Setelah Kesuksesan Taylor Swift