VINIAR: ‘Baale’ Sebagai Identitas Baru Iqbaal Ramadhan
July 6, 2024

Iqbaal Ramadhan, yang dikenal sebagai aktor terkenal di Indonesia, kini kembali ke dunia musik dengan identitas baru sebagai 'Baale'. Nama ini diambil dari akun media sosialnya, Iqbaale, yang mencerminkan transformasi dan kejujuran dalam berkarya. Dalam wawancaranya dengan VINIAR, Iqbaal membahas alasan di balik pemilihan nama ini dan perjalanan musik barunya.

Source: Instagram/iqbaal.e

Makna Dibalik Nama Baale

Mengapa Iqbaal memilih nama Baale? Dalam wawancaranya, Iqbaal menjelaskan, "Gua udah hampir satu dekade gak main musik kan. Orang liat gua di layar kaca, di perfilman. Kalau gua main musik lagi, kayaknya harus dengan nama yang lain supaya ekspektasi 'Iqbaal Ramadhan' gak ngikut."

Iqbaal merasa bahwa dengan nama BAALE, ia bisa lebih jujur dan bebas berkarya tanpa bayang-bayang identitas sebelumnya. "Sebenarnya kalau disebut Alter Ego, gak juga. Karena justru gua ngerasa kayak ini gua juga, cuma lebih jujur aja. Gua gak dinaungi entitas lebih gede kayak production house. Gua sendirian."

Karya Baru dengan Nuansa 90-an

Baale baru saja merilis lagu terbarunya, "Cinta Luka Sempurna," yang mendapat perhatian khusus karena kolaborasinya dengan Vincent Rompies. Iqbaal mengungkapkan, "Jadi gua tuh bikin satu lagu 'Cinta Luka Sempurna,' waktu gua bikin demonya, kebayang sama Vincent Rompies. Gua minta tolong, akhirnya Vincent isi bassnya di lagu itu."

Lagu ini menawarkan alternatif pop dengan lirik yang ringan dan musik yang easy-listening, bertujuan untuk memberikan opsi musik yang menyenangkan bagi pendengar, terutama Gen Z. "Harapannya Baale bisa kasih opsi, sih. Ada alternatif pop lain nih, liriknya ringan, dan musiknya easy-listening. Siapa tau lo suka."

Source: Instagram/iqbaal.e

Album pertama Baale disutradarai oleh The Jadugar dengan bantuan audio dari Vincent Rompies. Iqbaal merasa sangat puas dengan proses pembuatan album ini. "Gua happy sih, pak. Happy sama prosesnya. Ada banyak proses yang gua menikmati. Gua happy banget sama album gua." Iqbaal berharap album ini dapat diterima oleh para pendengar dan menunjukkan kejujurannya dalam bermusik. "Jadi, gua bikin karyanya yang penting jujur. Ini Iqbaal di musik sekarang seperti ini. Semoga diterima."

Tur Fortuna

Baale akan mengadakan Tur Fortuna untuk mempromosikan album barunya. Tur ini akan dimulai di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk konser pertama yang akan diadakan di Prolog Fest 2024 di Makassar. Dalam tur ini, Baale akan membawakan lagu-lagu dari album terbarunya serta beberapa karya sebelumnya. "Sebenarnya gua mau target audience-nya seluas-luasnya. Tapi, spesifik buat Gen Z, sih," kata Iqbaal. Tur ini diharapkan dapat memperkenalkan musik Baale ke audiens yang lebih luas dan menunjukkan sisi baru dari Iqbaal Ramadhan sebagai musisi​.

Dengan identitas baru sebagai Baale, Iqbaal Ramadhan menunjukkan komitmennya dalam berkarya secara jujur dan independen. Nama Baale bukan hanya sekadar identitas baru, tetapi juga simbol dari kebebasan dan kejujuran dalam bermusik. "Sebenarnya kalau ngebahas soal relate ya. Musik itu emang harus relate. Gua pengen ngasih sebuah opsi musik yang justru musiknya ini menyenangkan sehingga ketika lu mendengarkan, lu lupa sama masalah hidup lu sih. Seringan itu."

Saksikan obrolan Marlo dan Marco bersama Iqbaal selengkapnya, hanya di YouTube Volix Media!



See other posts

Shorter Men Are More Loyal to Their Partners, According to Research.
Tiga WNI Dapat Penghargaan dari Kepolisian Jepang karena Selamatkan Anak Tenggelam
Foto Titanic oleh Francis Godolphin Osbourne Stuart
Taste Atlas Ungkap Menu Makanan Kapal Titanic 111 Tahun Lalu