Assassin’s Creed Mirage Hadirkan Suara Kumandang Azan
October 12, 2023

Assassin’s Creed Mirage, judul terbaru dari seri gim populer Assassin’s Creed keluaran perusahaan gaming Ubisoft, menghadirkan suara Azan yang berkumandang secara otomatis di momen-momen tertentu dalam gim.

Gim ini berlatar belakang kawasan Baghdad, Irak pada abad ke-9 Masehi. Era dan lokasi tersebut menjadi salah satu latar utama masa keemasan Islam di kawasan Timur Tengah, di mana para penganut agama Islam saling bertukar wawasan mengenai ilmu keagamaan mereka dan membagikannya kepada masyarakat di dalam maupun luar Baghdad. Maka dari itu, tim pengembang gim ini, Ubisoft cabang Bordeaux, berupaya menciptakan atmosfer otentik yang mencerminkan latar tersebut secara akurat termasuk dengan menghadirkan kumandang azan dalam gim.

Courtesy of Ubisoft

Gim ini memiliki sistem Day-Night cycle yang dapat mengganti latar waktu gim dari pagi hingga malam secara otomatis. Suara azan hanya dapat didengar saat menjelang pagi atau subuh dalam waktu gim di beberapa titik kawasan kota Baghdad. Suara azan ini dikumandangkan oleh pengisi suara asli yang berperan sebagai muazin atau seorang pengumandang adzan. Bagi pemain yang jeli, mereka juga dapat menemukan beberapa tokoh NPC atau Non-Playable Characters di sekitar mereka yang sedang melaksanakan ibadah sholat saat momen-momen adzan dikumandangkan. Namun, pemain sendiri tidak diberi opsi untuk melaksanakan sholat.

Uniknya, pemain diberi opsi untuk mematikan audio musik gim secara otomatis tiap kali azan sedang dikumandangkan. Hal ini sesuai dengan aturan asli Islam yang menyatakan bahwa segala macam aktivitas harus segera dihentikan apabila azan sedang dikumandangkan. Dengan ini, pemain dapat merasakan sensasi mendengar kumandang azan tanpa adanya gangguan dari suara musik gim.

Dalam Assassin’s Creed Mirage, pemain mengendalikan karakter Basim Ibn Ishaq, seorang pencopet muda yang hidup di kawasan Baghdad pada abad ke-9. Ia kemudian bergabung dengan organisasi rahasia The Hidden Ones yang mengajarinya berperang melawan organisasi musuh bebuyutan mereka yaitu Order of The Ancients. Melalui karakter Basim, pemain diberi kesempatan untuk menjelajahi seluruh kawasan Baghdad dengan bebas sekaligus diperkenalkan dengan unsur sosial, budaya dan sejarah lokasi tersebut.

Assassin’s Creed Mirage telah dirilis lewat Epic Games Store pada 5 Oktober 2023 untuk platform PS5, PS4, Xbox dan PC. Gim ini juga telah dikonfirmasi dapat dimainkan di iPhone 15 Pro mulai tahun depan.



See other posts

Hari Bumi dirayakan dengan kampanye “Planet vs Plastic”
The Reason Why Jakarta Could Be Underwater By 2030
Film Taylor Swift: The Eras Tour Peroleh Rp2 Triliun Secara Global Hanya Dalam Sepekan