Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

5 Mitos Unik Tentang Malam Perayaan Tahun Baru

Source: Pexels/cottonbro studio

Salah satu momen paling ditunggu-tunggu oleh lapisan masyarakat dunia yaitu malam pergantian tahun baru yang jatuh pada 31 Desember. Umumnya, perayaan melibatkan acara atraksi kembang api dan pertunjukan-pertunjukan jalanan yang menerangi malam monumental tersebut. Masyarakat saling berbahagia dan berpesta bersama para kerabat, pasangan, dan kawan untuk merayakan datangnya tahun berikut yang menjanjikan banyak hal baru bagi mereka semua.

Tidak jarang malam perayaan ini mengundang berbagai perbincangan yang berhubungan dengan aspek-aspek kehidupan masyarakat luas. Beberapa “mitos” berikut memiliki nuansanya tersendiri yang mampu memengaruhi bagaimana seseorang menyikapi malam perayaan tersebut.

Berikut merupakan lima mitos unik seputar malam perayaan tahun baru:

1. Hari paling berbahaya untuk mengemudi

Source: Pexels/energepic.com

Di Amerika Serikat, banyak yang menyebut bahwa malam perayaan tahun baru merupakan momen yang mampu melahap nyawa terbanyak.

Menurut juru bicara Insurance Institute for Highway Safety pada 2011, malam tahun baru merupakan momen paling berbahaya bagi para pengemudi sepanjang tahun. Jumlah kecelakaan fatal melibatkan pengemudi mabuk melonjak pada malam tersebut.

Sementara itu, Commonwealth Law Group menyatakan bahwa pukul 18.00 pada 31 Desember hingga 06.00 keesokan paginya merupakan waktu paling rawan bagi para pengendara bermotor di jalanan besar. 

2. Dilarang bersih-bersih rumah

Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Warga keturunan Tionghoa banyak yang percaya bahwa melakukan kegiatan bersih-bersih seperti menyapu lantai dan mencuci pakaian saat perayaan tahun baru dapat menghilangkan rezeki dan keberuntungan.

Tidak hanya untuk perayaan tahun baru, kepercayaan ini juga berlaku untuk momen perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Konsumsi 12 anggur tepat tengah malam

Source: Pexels/Anna Shvets

Mitos yang bersumber dari Spanyol ini menyatakan bahwa mereka yang mengonsumsi sebanyak 12 butir anggur saat tepat tengah malam tahun baru akan memperoleh keberuntungan di tahun selanjutnya.

12 butir anggur tersebut mewakili 12 bulan yang telah berlalu sepanjang setahun. Selain dimakan secara mentah-mentah, anggur juga dapat dihidangkan sebagai pelengkap minuman cocktail untuk merayakan tahun baru.

4. Membuat suara yang ramai dan berisik

Source: Pexels/Maurício Mascaro

Menurut beberapa mitos dari beberapa belahan dunia, perayaan tahun baru yang bertabur suara ramai oleh orang-orang bisa jadi bukan hanya sekedar dalam rangka menyambut tahun baru. Ada yang percaya bahwa suara berisik tersebut mampu menangkal roh-roh jahat yang mengancam kehidupan semua.

Salah satu contoh penerapan ini yaitu saat Tahun Baru Imlek di mana kembang api tradisional dinyalakan sebagai salah satu upaya untuk mengusir roh-roh jahat tersebut.

5. Cium kekasih saat tengah malam

Source: Pexels/Tima Miroshnichenko

Tindakan romantis seperti mencium pasangan saat jarum jam menunjukkan waktu tengah malam telah dipercaya mampu menentukan arah jalan hubungan keduanya selama setahun ke depan. Mitos ini bersumber dari beberapa cerita rakyat tradisional dari Jerman dan Inggris.

Mencium pasangan saat tahun baru telah dipopulerkan melalui beberapa film seperti When Harry Met Sally, Bridget Jones’ Dairy, dan The Godfather: Part II.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Read