5 Fitur Andalan iPhone Seri 15 Pro dan Pro Max, Seri iPhone Tercanggih Saat Ini
September 13, 2023

Apple baru saja menampilkan sejumlah produk terbaru mereka yang akan dirilis pada paruh akhir September 2023 ini termasuk dua seri Apple Watch Ultra 2 dan Series 9. Seri terbaru lini iPhone yang telah ditunggu-tunggu, seri 15, juga ditampilkan untuk pertama kalinya yang memamerkan beberapa fitur seperti Dynamic Island dan All-Day Battery untuk edisi reguler. Ini semua dipersembahkan dalam acara presentasi daring Wanderlust oleh Apple pada Selasa (12/9) waktu setempat.

Yang menjadi highlight acara ini yaitu pengenalan iPhone 15 Pro dan Pro Max yang lengkap dengan fitur-fitur edisi reguler beserta sejumlah fitur lain yang belum pernah ada di seri-seri sebelumnya. Berikut merupakan perubahan-perubahan terbesar yang ditampilkan:

1. Chip A17 Pro 

Dinobatkan oleh Apple sebagai kartu grafis tercanggih yang pernah mereka produksi, A17 Pro merupakan sebuah kemajuan pesat dibanding kartu-kartu grafis pendahulunya. Kecepatannya 20% lebih cepat dibandingkan kartu A16 Bionic yang digunakan seri sebelumnya. Dengan perkembangan yang dialami oleh kartu ini, Pro 15 mampu menjalankan berbagai gim mobile terkini dan aplikasi-aplikasi lainnya dengan kemantapan visual yang terjamin.

Bahkan, Apple mengumumkan bahwa Pro 15 mampu menjalankan gim konsol Triple-A keluaran terbaru yaitu Assassin’s Creed: Mirage, Death Stranding, dan dua judul gim Resident Evil, Village dan 4 Remake. Semua judul tersebut sebelumnya diperkirakan hanya mampu berjalan di gawai-gawai sebesar konsol dan komputer, namun sekarang telah dikonfirmasi akan dirilis di Pro 15 mulai tahun depan. Ini merupakan kemajuan yang sangat pesat mengingat bahwa seri-seri pendahulu belum pernah ada yang mampu menjalankan gim setaraf judul-judul tersebut.

2. Lapisan Luar Titanium

Untuk pertama kalinya dalam sejarah lini iPhone, body luar 15 Pro dilapisi bahan yang jauh lebih kuat dan tahan lama dari sebelum-sebelumnya yaitu titanium grade 5. Dibandingkan bahan stainless steel yang menjadi langganan seri-seri iPhone sebelumnya, titanium grade 5 yang merupakan bahan yang sangat tahan banting. Jenis titanium ini juga merupakan yang sama digunakan oleh NASA untuk pembuatan kapal-kapal antariksanya dalam misi-misi ke Mars. 

Walau titanium umumnya terkesan berat dan padat, Apple menjanjikan bahwa padanan yang mereka gunakan ringan dan tidak membebani pengguna. Bahkan, mereka mengaku bahwa seri Pro ini merupakan yang teringan dari semua.

3. Peningkatan Kualitas Kamera 48MP

Kamera utama 48 megapixels seri 15 Pro ini telah ditingkatkan dari sebelum-sebelumnya. Para pengguna akan melihat peningkatan kualitas dan ketajaman gambar-gambar yang diambil. Optical zoom kamera ini juga merupakan yang terpanjang dalam seri iPhone apapun dengan memanfaatkan kemampuan lensa 120 milimeter. Pengguna mampu mengambil gambar dari jarak yang lebih jauh dari sebelumnya dengan kemantapan kualitas yang tidak berubah.

Kamera 15 Pro juga mampu mendeteksi keberadaan seseorang atau makhluk hidup lainnya di frame seperti kucing dan anjing. Dengan kemampuan baru ini, kamera langsung dapat berubah menjadi potrait mode dengan sendirinya tanpa memerlukan pengguna untuk menggeser antar beberapa opsi mode terlebih dahulu.

Kemampuan kamera 15 Pro telah dibuktikan melalui video musik terbaru Olivia Rodrigo untuk lagunya “Get Him Back!” yang seluruhnya direkam menggunakan kamera tersebut.

4. Kehadiran Action Button

Sejak 2007, iPhone memiliki tombol khusus menyalakan dan mematikan fitur silent mode yang terletak di samping kiri atas, tepat di atas tombol-tombol pengendali volume. Dalam seri 15 Pro ini, tombol tersebut mengalami perubahan yang cukup drastis dengan dijelmanya menjadi Action Button

Kegunaannya serupa dengan fitur Dynamic Island, yaitu sebagai alat serbaguna untuk mengendalikan jalannya aplikasi-aplikasi yang ada di dalam iPhone. Selain tetap mempertahankan kegunaan mengatur silent mode, kali ini pengguna dapat memanfaatkan Action Button untuk berbagai hal lain termasuk mengaktifasi kamera, menyalakan flashlight, memulai Voice Memo, dan membuka note. Penggunaannya pun sederhana yaitu hanya dengan menekan dan menahan tombol tersebut hingga aplikasi yang diiinginkan muncul. 

Dengan adanya fitur ini, kebebasan pengguna dalam mengendalikan aplikasi-aplikasi iPhone menjadi lebih luas dan efisien dari sebelumnya.

5. Komponen-Komponen Daur Ulang

Dalam acara presentasi ini, Apple kembali menekankan bahwa mereka sedang aktif melancarkan programnya untuk menggunakan materi-materi yang dapat daur ulang dalam pembuatan produk-produknya hingga pencapaian 100% carbon neutral atau bebas karbon pada tahun 2030. Untuk itu, mereka telah meningkatkan kapasitas penggunaan bahan-bahan daur ulang dalam pembuatan kedua seri iPhone 15 dan 15 Pro, contohnya adalah 100% penggunaan alumunium daur ulang untuk struktur internal 15 Pro.

iPhone seri 15 Pro dan Pro Max tersedia dalam empat warna yaitu titanium neutral, biru, putih dan hitam. Harga untuk iPhone 15 Pro dimulai dari US$1.099 (Sekitar Rp16,9 juta) dan iPhone Pro Max yang dimulai dari US$1.199 (Sekitar Rp18,4 juta). 

Kedua seri ini akan dibuka untuk preorder mulai 15 September dan akan dirilis pada 22 September 2023.



See other posts

Founder HMNS Ciptakan Olahraga Baru Bernama Fullball
Erix Soekamti dan Jogja MMA Prakarsai Jogja Gelut Day Sebagai Ajang Ekspresikan Diri Warga.
The Rolling Stones Ungkap Asal Usul Logo Lidah Menjulur yang Terinspirasi Mitologi India