5 Bangunan Masjid Terunik Di Dunia, Termasuk yang Baru Dibuka Di Arab Saudi
April 4, 2024

Sejak lama, bulan Ramadan telah dijadikan momen istimewa bagi para umat muslim di dunia untuk merayakan kebersamaan dan persatuan. Tak sedikit dari mereka yang memilih untuk merayakannya di tempat-tempat ibadah sekitar, terutama masjid. 

Selain menjadi sarana beribadah utama bagi umat muslim, masjid juga seringkali dimanfaatkan untuk menunjukkan kebolehan tangan-tangan kreatif di balik pembangunan masjid tersebut. Alhasil, banyak masjid di dunia yang memiliki bentuk dan penempatan yang tak kalah unik dari berbagai bangunan lain pada umumnya. 

Berikut merupakan lima dari bangunan-bangunan masjid terunik di dunia, termasuk yang baru saja dibuka di Arab Saudi serta yang berada di Indonesia:

1. Masjid yang Dibangun dengan printer 3D. (Masjid Abdulaziz Abdullah Sharbatly)

Source: NHC

Masjid Abdulaziz Abdullah Sharbatly menjadi masjid pertama di dunia yang dibangun memakai teknologi printer 3D. Masjid ini resmi dibuka untuk umum di Jeddah pada awal Maret 2024 oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. 

    Masjid ini dibangun memakai empat buah printer 3D milik perusahaan Cina Guanli 3D Printers. Selama kurang lebih enam bulan, masjid tersebut dibangun di atas lahan berukuran 5.600 meter persegi. 

    Ide pembangunan masjid ini berasal dari Wajanat Muhammad Abdel Wahed, seorang pengusaha, yang ingin mendedikasikan masjid tersebut untuk suaminya yang telah tiada, Abdulaziz Abdullah Sharbatly. Nama masjid tersebut juga terinspirasi secara langsung oleh suami Wahed. 

    2. Masjid dengan Menara Tertinggi Di Dunia. (Masjid Agung Hassan II)

    Source: iStockphoto/sharrocks

    Di Maroko, Masjid Agung Hassan II telah diakui Guinness World Records sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia. Menara tersebut tercatat memiliki tinggi 200 meter atau 656 kaki. 

    Selain memiliki menara masjid tertinggi di dunia, masjid ini juga tekah diakui sebagai masjid terbesar ke-7 di dunia. Total biaya pembangunan masjid diperkirakan mencapai 5 miliar dirham atau setara dengan Rp19,7 triliun.

    Uniknya lagi, lahan masjid ini sebagian besar berada di darat dan sebagian besar lainnya di atas Samudra Atlantik. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kepada para umat muslim di dunia tentang sebuah ayat Al-Quran yang menyatakan bahwa “Tahta Allah dibangun di atas air.”

    3. Masjid dan Menara Miring (Masjid dan Menara Sheikh Faisal bin Qassim Al Thani)

    Source: The Peninsula/Marivie Alabanza

    Berdiri (dengan miring) di Doha, Qatar, Masjid dan Menara Sheikh Faisal bin Qassim menjadi salah satu masjid dengan desain terunik di dunia karena menyerupai menara Pisa di Italia. 

    Menara setinggi 27 meter ini ditopang oleh delapan kolom dan pijakan rakit sedalam 2,5 meter untuk memastikan pondasi yang kuat mendukung rancangan tidak biasa tersebut. Bangunan tersebut juga diperkaya dengan berbagai alat sensor canggih untuk memantau kondisi struktural agar dapat mencegah terjadinya hal-hal yang membahayakan bangunan.

    Bermula dari gagasan Syekh Faisal Bin Qassim Al Thani, bangunan tersebut sengaja dibuat miring untuk menjadi daya tarik tersendiri di mata para warga sekitar dan turis. Masjid dan menara tersebut juga dibangun sebagai ekstensi Museum FBQ di lahan yang sama.

    4. Masjid Di Pinggir Tebing (Masjid Kirklar)

    Bagi para pecinta alam, masjid yang satu ini cocok untuk digunakan sebagai tempat beribadah serta untuk menikmati pemandangan sekitar dari ujung tebing. 

    Masjid Kirklar di Turki berdiri di atas sebuah tebing dengan ketinggian 3.200 meter di atas permukaan laut. Lokasinya terletak di antara kawasan Bayburt dan Trabzon. Di atas ketinggian tersebut, suhu lokasi menjadi sangat sejuk dan dikepung oleh lapisan awan tebal.

    Berkat pemilihan lokasi tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa di atas tebing untuk sekedar melepas penat dan mengagumi alam ciptaan Tuhan YME.

    5. Masjid Di Atas Danau (Masjid Raya Al Jabbar)

    Source: https://aljabbar.jabarprov.go.id/

    Didesain oleh Ridwan Kamil mulai pada tahun 2015 sebagai masjid raya tingkat daerah, Masjid Raya Al Jabbar menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para warga Jawa Barat.

    Masjid ini terletak di tengah-tengah danau luas yang mencerminkan wujud masjid tersebut menjadi seakan-akan berbentuk bulat utuh. Danau tersebut juga mampu menjadi penangkal banjir sekaligus sarana penyimpan air.

    Selain itu, keunikan Masjid Al Jabbar yaitu terdapat di lanta dasar masjid, di mana pengunjung dapat menemui museum Rasulullah SAW. Di dalamnya, pengunjung dapat mencari tahu lebih dalam mengenai sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan di Jawa Barat secara spesifik. Dengan begitu, masjid ini dapat menjadi tempat beribadah dengan desain arsitektur canggih sekaligus sebagai pusat edukasi Islam bagi para pengunjung.



    See other posts

    Shin Tae-yong Kecewa Karena Empat Pemain Timnas Dilarang Tampil Oleh Pemerintah Singapura.
    House Prices In Jakarta Are Higher Than In New York.
    ELON MUSK MULAI REKRUT RELAWAN MANUSIA UNTUK UJI COBA PROYEK CHIP OTAK